Crutchlow Harap Honda Tak Hanya Prioritaskan Marquez

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/09/2018 09:05 WIB
Crutchlow Harap Honda Tak Hanya Prioritaskan Marquez Cal Crutchlow berharap Honda membangun motor yang netral dan tak hanya memprioritaskan Marc Marquez. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, berharap Honda membangun motor yang lebih netral dan tak hanya memprioritaskan Marc Marquez di ajang MotoGP.

Honda bersama Marquez berhasil mendominasi MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. Sejak Marquez naik kelas ke MotoGP pada 2013, hanya pada musim 2015 mereka tak mampu jadi juara dunia. Pada musim ini, Marquez juga jadi favorit kuat untuk memenangi titel juara dunia.

Di balik hal itu, Crutchlow menilai Honda seharusnya punya motor yang lebih netral dalam artian tidak hanya condong dikembangkan demi Marquez.


"Bila Honda ingin merekrut talenta muda dalam beberapa tahun ke depan, saya rasa mereka harus melihat cara tersebut (memiliki motor netral)," ucap Crutchlow seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

Meski Honda sangat kompetitif saat ditunggangi Marquez, Crutchlow menilai motor Honda saat ini tidak akan bisa dimaksimalkan oleh pebalap lainnya.

"Bila Marc memutuskan ia ingin pensiun dari dunia balap motor dalam dua tahun ke depan, maka penerusnya tak akan punya kesempatan (untuk menang) saat mengendarai motor tersebut," ucap Crutchlow.

Dani Pedrosa gagal tampil kompetitif bersama Honda musim ini.Dani Pedrosa gagal tampil kompetitif bersama Honda musim ini. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
Crutchlow lalu mencontohkan kesuksesan Ducati membangun motor yang terbilang netral. Dua pebalap yang ada di tim tersebut, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo sama-sama punya kesempatan menang dengan motor yang mereka tunggangi.

"Ada momen ketika Casey Stoner jadi satu-satunya pebalap yang bisa mengendarai Ducati. Kemudian Ducati mulai membangun motor yang mudah dikendarai dan membangunnya untuk jadi motor yang cepat."

"Saya rasa Honda adalah motor spesial untuk dikendarai. Hanya sedikit pebalap yang bisa tampil cepat bersama motor tersebut," ungkap Crutchlow.

Honda sendiri sudah mulai bekerja untuk membangun motor yang akan digunakan musim depan.

"Honda melakukan tes namun tentunya (pengembangan motor) belum berakhir. Kami tahu Honda bekerja keras dan sangat tekun membangun motor yang kuat."

"Pebalap Ducati saat ini adalah kompetitor terkuat Marc Marquez. Mereka punya motor yang bagus," tutur Crutchlow.

Balapan MotoGP berikutnya adalah MotoGP Thailand pada 7 Oktober. Balapan MotoGP Thailand bisa disaksikan lewat live streaming di CNNIndonesia.com. (ptr/jun)