Konglomerat Pakistan-AS Sepakat Beli Wembley Rp11,8 Triliun

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/09/2018 18:17 WIB
Konglomerat Pakistan-AS Sepakat Beli Wembley Rp11,8 Triliun Stadion Wembley akan dilego ke Shahid Khan. (REUTERS/Eddie Keogh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) diklaim sepakat menjual Stadion Wembley ke pemilik Fulham Shahid Khan dengan banderol senilai £600 juta atau setara Rp11,8 triliun.

Sky Sports melaporkan konglomerat berdarah Pakistan-Amerika Serikat tersebut telah menjalin negosiasi sejak April. Peresmian kepemilikan tinggal menunggu persetujuan dari 10 anggota dewan FA yang akan menggelar rapat pada Kamis (27/9) waktu setempat. Jika kesepakatan berjalan mulus, maka kepemilikan akan diumumkan bulan depan.

Pada April silam Khan mengatakan niat membeli Stadion Wembley sekaligus untuk memperkenalkan klub American Football Jacksonville Jaguars di Inggris.


Shahid Khan juga berniat memperkenalkan Shahid Khan juga berniat memperkenalkan klub American Football di London. (Kevin C. Cox/Getty Images/AFP)
FA menjelaskan, uang dari hasil penjualan stadion akan diinvestasikan ke pembinaan sepak bola usia muda. FA mengaku tak menolak tawaran menggiurkan untuk memajukan sepak bola Inggris.

"Jika kami memiliki kesempatan untuk mengubah wajah sepak bola di negara ini maka tawaran tersebut bisa saja terwujud," demikian pernyataan resmi FA.

Khan disebut akan tetap mengizinkan timnas Inggris memakai stadion tersebut sebagai markas mereka dengan perjanjian bebas biaya sewa. Selain itu, FA juga berhak melanjutkan bisnis perhotelan Klub Wembley.

Kesepakatan tersebut juga tidak akan mempengaruhi status Craven Cottage sebagai markas Fulham. Saat ini, Wembley masih digunakan Tottenham Hotspur sebagai homebase menyusul renovasi Stadion White Hart Lane. (jun/har)