Bela Mourinho, Neville Kecam Petinggi Manchester United

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 04:25 WIB
Bela Mourinho, Neville Kecam Petinggi Manchester United Jose Mourinho diambang isu pemecatan. (REUTERS/Andrew Yates)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Manchester United Gary Neville menilai kemerosotan prestasi yang dialami Red Devils bukan sepenuhnya salah manajer Jose Mourinho, tapi karena buruknya kepemimpinan para petinggi klub.

Man United menjalani awal yang buruk di Liga Primer Inggris musim ini dengan catatan tiga kekalahan dari tujuh pertandingan. Teranyar, MU dipermalukan tim papan bawah West Ham United dengan skor 1-3.

Hasil ini membuat mereka terpuruk di peringkat ke-10 klasemen Liga Primer Inggris. Asa MU untuk meraih gelar mulai terkikis lantaran tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen Manchester City.


Rentetan kekalahan memalukan membuat posisi Mourinho berada di ambang pemecatan. Apalagi sebelumnya MU tersingkir dari Piala Liga Inggris usai dikalahkan Derby County lewat drama adu penalti.

Ed Woodward (kanan) dianggap biang kegagalan MU.Ed Woodward (kanan) dianggap biang kegagalan MU. (Reuters / Andrew Yates)
Namun, Gary Neville menyebut keterpurukan Man United karena ketidakbecusan petinggi klub yang mudah mengganti pelatih sepeninggal Sir Alex Ferguson.

"Kekacauan ini dimulai saat United memecat David Moyes setelah bekerja selama delapan bulan dan kami kehilangan semua rasa akan nilai-nilai yang telah dibangun klub selama 100 tahun," tulisnya di akun Twitter.

"Ini bukan salah pelatih, tapi karena kurangnya kepemimpinan sepak bola di atasnya. Mereka memantul ke segala arah tanpa rencana!" sambungnya.

Sebelumnya, Neville juga telah berbicara di acara Monday Night Football tentang perencanaan buruk petinggi klub MU era Ed Woodward.

Mantan bek timnas Inggris itu menyarankan klub untuk tidak mudah memecat pelatih. Neville bahkan mendukung Mourinho untuk tetap menukangi Setan Merah dalam jangka panjang seperti yang dilakukan Alex Ferguson. (jun)