Igor Akinfeev Pensiun dari Timnas Rusia

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 04:02 WIB
Igor Akinfeev Pensiun dari Timnas Rusia Igor Akinfeev pensiun dari timnas Rusia. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjaga gawang CSKA Moskow Igor Akinfeev pensiun dari ajang internasional setelah memimpin timnas Rusia lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Akinfeev telah bermain sebanyak 112 caps untuk negaranya sejak debutnya pada 2004. Ia memulai kariernya di timnas saat berusia 18 tahun.

Puncak karier internasionalnya adalah mengantar Rusia lolos perempat final Piala Dunia 2018. Ini menjadi prestasi terbaik Rusia sejak runtuhnya Uni Soviet.


"Ada awal dan akhir di setiap cerita. Kisah saya dengan tim nasional juga telah mencapai akhir yang logis," kata Akinfeev seperti dikutip situs CSKA.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk memimpin tim Rusia sebagai kapten di Piala Dunia. Sejujurnya saya tidak pernah memimpikannya. Tapi itu terjadi dan mungkin adalah puncak karierku bersama timnas," sambungnya.

Igor Akinfeev sukses mementahkan tendangan penalti Spanyol.Igor Akinfeev sukses mementahkan tendangan penalti Spanyol. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Akinfeev merupakan salah satu pemain kunci Rusia di Piala Dunia 2018. Sayang, kegemilangannya berakhir kala Sbornaya dipaksa menyerah oleh Kroasia.

Penampilan apik kiper 32 tahun itu di turnamen sepak bola terakbar 2018 akan sulit dilupakan publik Rusia. Salah satunya adalah saat berhasil mementahkan dua penendang penalti Spanyol.

"Kami tidak memenangkan medali di Piala Dunia, tetapi semua orang melakukan apa yang mereka bisa. Terpenting adalah tidak ada yang acuh tak acuh di antara kita," ujarnya.

Usia 32 tahun sebenarnya masih ideal bagi karier seorang penjaga gawang. Namun, Akinfeev sudah mantap memberikan kesempatan pada generasi selanjutnya untuk memimpin di bawah mistar.

"Saya pergi dengan pikiran tenang. Generasi yang bagus dan menjanjikan telah bermunculan di Rusia. Beberapa pemain bahkan sudah membuktikan diri sebagai pemimpin sejati di Piala Dunia ini," tutur pemain yang setia membela satu klub, CSKA Moskow. (jun/jun)