Gomez Soal Sanksi Persib: Lebih Baik Tim Tak Bermain

hyg & Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 07:17 WIB
Gomez Soal Sanksi Persib: Lebih Baik Tim Tak Bermain Roberto Carlos mengatakan Persib lebih baik tak usah bermain lagi karena sanksi berlebihan yang diterima klub dan pemain. (CNN Indonesia/Huyogo Simbolon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sempat tanggapi santai, juru taktik Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez, geram setelah mengetahui begitu banyak sanksi yang didera Maung Bandung. Ia menegaskan Persib sebaiknya tak usah bermain di Liga 1 2018 karena menilai hukuman tersebut berlebihan.

Terlebih, sanksi bagi tim yang juga merambat ke sejumlah pemain andalanya sehingga skuatnya benar-benar terkikis. Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menghukum tiga pemain Persib larangan bertanding.

Mereka adalah Ezechiel N'Douassel dihukum lima laga, Bojan Malisic (empat laga), dan Jonatan Bauman (dua laga). Tiga pemain itu disanksi karena dianggap melakukan pelanggaran yang sangat membahayakan pemain Persija.
Gomez Soal Sanksi ke Pemain: Lebih Baik Persib Tak BermainBek Persib Bojan Malisic dihukum larangan bermain empat laga. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Sebanyak tiga pemain Persija Jakarta juga mendapat hukuman larangan bermain yakni, Ismed Sofyan (tiga laga), Sandi Sute (tiga laga), dan Renan Da Silva (dua laga).


"Bagi saya jika putusan resmi, itu gila. Tentu ini terlalu banyak (hukuman) dan saya tidak mau bermain dengan situasi seperti ini, lebih baik tidak perlu bertanding. Saya ulangi lebih baik tidak usah bertanding karena ini terlalu banyak," ungkap pria 61 tahun itu.

Sanksi yang dijatuhkan Komdis PSSI kepada pemain Persib dan Persija lantaran permainan kasar menjurus kekerasan yang ditampilkan sejumlah pemain.

Di luar itu, pihak klub, suporter, hingga panitia pelaksana juga dijatuhi sanksi berat. Perkaranya karena insiden meninggalnya pendukung Persija, Haringga Sirla, akibat dikeroyok sejumlah bobotoh di areal parkiran Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), beberapa saat jelang laga Persib vs Persija pada 23 September.

Berdasarkan keputusan Komdis PSSI, terdapat beberapa sanksi yang diberikan kepada Maung Bandung. Pertama, tim harus memainkan partai usiran ke Kalimantan tanpa penonton di sisa laga kandang musim ini. Hukuman tanpa penonton juga diberlakukan pada laga kandang Persib hingga paruh pertama musim depan.

Sementara untuk Bobotoh, mereka juga dilarang menyaksikan seluruh partai Persib di stadion sejak sanksi diputuskan hingga setengah musim 2019.

Ketua Panpel dan petugas keamanan juga dihukum tidak bisa mengikuti kepanitiaan laga Persib selama dua tahun. Panpel juga didenda sebesar Rp. 100.000.000. (bac)