Indonesia Koleksi 16 Emas, Capai Target Asian Para Games 2018

Timothy Loen, CNN Indonesia | Rabu, 10/10/2018 16:01 WIB
Indonesia Koleksi 16 Emas, Capai Target Asian Para Games 2018 Hendi Wirawan sudah menyumbang dua emas bagi kontingen Indonesia di Asian Para Games 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kontingen catur Indonesia berhasil menambah perbendaharaan medali emas di Asian Para Games 2018. Setelah tiga emas dari kategori individu, tiga tim beregu juga berhasil menjadi yang terbaik.

Tambahan emas dari tiga tim beregu membuat jumlah medali emas Indonesia menjadi 16 keping.

Hendi Wirawan (standar individu VI-B1 putra), Nasip Farta Simanja (standar individu P1 putri), dan Debi Ariesta (standar individu VI-B1 putri) meraih emas lebih dulu pada Rabu (10/10) siang.


Setelah itu tim beregu putra dan putri melanjutkan dominasi Indonesia di cabang olahraga asah otak. Hendi meraih emas kedua pada catur beregu putra klasik kelas VI (B2/B3) bersama dengan Carsidi dan Edy Suryanto.

Tim beregu putri yang diperkuat Wilma Margaretha Sinaga, Tati Karhati, dan Debi Ariesta juga menunjukkan kemampuan dengan meraih gelar di kategori beregu putri klasik VI (B1).


Emas juga diraih tim beregu putri lain yang turun di kelas standar P1, yang diperkuat Nasip Farta Simanja, Roslinda Br Manurung, dan Yuni.

Catur tercatat sebagai olahraga yang paling banyak menyumbang medali pada hari Rabu (10/10). Selain enam emas, ada pula tambahan satu perak dan tiga perunggu. Sementara dua emas lain yang didapat pada hari yang sama diperoleh atlet dari cabang tenis meja dan atletik.

Hingga Rabu (10/10) sore pukul 15.55 WIB, secara total kontingen Indonesia kini mengoleksi 16 emas, 21 perak, dan 24 perunggu.

Capaian 16 emas sudah sesuai dengan target kontingen Indonesia yang dicanangkan sebelum penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo cukup optimistis kontingen Indonesia dapat melebihi target pencapaian medali emas pada ajang empat tahunan ini.

"Menurut saya emasnya akan lebih dari 16. Insyaallah. Yakin saya," kata Jokowi ketika menyaksikan cabang olahraga angkat besi di Balai Sudirman, Rabu (10/10).

"Untuk mengejar prestasi baik memang perlu kompetisi, sering mengirim kompetisi, uji coba ke luar negeri," lanjutnya mengenai salah satu program yang harus dilakukan untuk meningkatkan prestasi. (chri/nva)