PSSI Bantu Cari Kandang Persija Selama Piala Asia U-19

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/10/2018 18:11 WIB
PSSI Bantu Cari Kandang Persija Selama Piala Asia U-19 Persija Jakarta tidak akan bermarkas di Stadion Patriot Candrabhaga dan Stadion Utama Gelora Bung Karno selama penyelenggaraan Piala Asia U-19 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI akan membantu Persija Jakarta mencari stadion kandang ketika Piala Asia U-19 2018 digelar dari 18 Okotober hingga 4 November.

Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi yang merupakan kandang Persija menjadi salah satu venue selain Stadion Pakansari di Cibinong dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Alhasil, Persija harus mencari kandang lain saat menjamu Persela Lamongan pada 19 Oktober 2018 dan Barito Putera pada 30 Oktober 2018.
"Ya kami sudah menginformasikan sejak lama, jadwal Piala Asia U-19 pun sudah keluar. Kami tahu Persija bisa bekerja sama dengan baik, jadi kami akan asistensi perpindahan venue untuk Persija," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria kepada sejumlah media di Stadion Wibawa Mukti (10/10).

Stadion Patriot dijadwalkan akan menjadi lokasi untuk 10 pertandingan selama fase grup, namun tidak akan menggelar laga Timnas Indonesia U-19.

"Ya penununjukkan [Indonesia tuan rumah] Piala Asia U-19 kan setahun lalu. Kami tahu tidak banyak stadion di Indonesia yang bisa dipakai. Kami harus berbangga hati Stadion Patriot dipakai sebagai salah satu yang dipilih. Pihak AFC pun sudah beberapa kali melakukan inspeksi dengan pilihan stadion lain, tapi hanya tiga stadion yang diterima," ujar Tisha.
Timnas Arab Saudi U-19 akan menjalani laga Piala Asia 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga.Timnas Arab Saudi U-19 akan menjalani laga Piala Asia 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
"Bahkan Stadion Wibawa Mukti tidak diterima, padahal dipakai untuk Asian Games 2018 kan? Yang diterima Stadion Pakansari, Patriot, dan GBK. Maka dari itu, pihak GBK saja dengan seluruh kesulitannya bahu membahu membantu kami. Saya yakin begitu pula dengan para anggota PSSI [klub-klub]," lanjutnya.

Lebih lanjut, Tisha memastikan akan ada merekomendasi stadion kandang untuk Persija secepatnya.


"PSSI sebagai ibu dari seluruh anggotanya, tidak ingin bersahut-sahutan di media. Kami sudah tahu permasalahannya dan akan kami pecahkan dalam rumah tangga kami secara tertutup," ucap sosok yang mulai menjabat sekjen PSSI sejak Juli 2017.

CNNIndonesia.com sudah mencoba menghubungi Direktur Utama Persija Gede Widiade mengenai pemindahan kandang Macan Kemayoran selama penyelenggaraan Piala Asia U-19 2018, namun hingga berita ini dibuat, Gede belum memberikan respon.

Rumput SUGBK Belum Siap Untuk Piala Asia U-19

Rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) belum siap untuk Piala Asia U-19 yang rencananya dimulai pada 18 Oktober 2018.
Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi venue Asian Para Games 2018.Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi venue Asian Para Games 2018. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
SUGBK menjadi salah satu stadion yang digunakan di Piala Asia U-19 selain Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi dan Pakansari di Cibinong. Saat ini SUGBK sedang digunakan untuk Asian Para Games (APG) 2018 dari 6 hingga 13 Oktober.

"Seluruh venue sudah siap, kecuali kondisi rumput di SUGBK. Kondisi rumput GBK pun kami mesti sangat berterimakasih kepada pihak PPK GBK [Pusat Pengelolaan Komplek GBK] yang membantu kami sekuat tenaga untuk pengondisian rumput tersebut. Rumput GBK sekarang dipakai untuk atletik [APG 2018] juga, bukan hanya dipakai untuk pembukaan," jelas Tisha.

"Kami hanya punya waktu bersih-bersih selama empat hari sejak 13 Oktober [penutupan APG 2018]. Kemudian, pihak PPK GBK sudah bahu-membahu dengan kami. Venue yang lain siap, saat ini tantangannya di GBK," katanya menambahkan.
Lebih lanjut, Tisha mengatakan pihak Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) sudah mengetahui keadaan tersebut. Pihak AFC, lanjut dia, sudah berada di Indonesia sejak Selasa (9/10).

Tisha juga memastikan tidak akan ada perubahan venue akibat kondisi rumput yang belum pasti itu dan yakin stadion terbesar di Indonesia itu sudah siap digunakan pada 18 November mendatang. (map)