Penjelasan Umuh Bikin Mario Gomez Bertahan di Persib

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/10/2018 19:19 WIB
Penjelasan Umuh Bikin Mario Gomez Bertahan di Persib Jonathan Baumann salah satu pemain Persib yang absen karena sanksi Komdis PSSI. (AFP PHOTO / TIMUR MATAHARI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar memastikan pelatih asal Argentina Roberto Carlos Mario Gomez tetap melatih di klub berjulukan Pangeran Biru tersebut.

Mario Gomez sempat putus asa lantaran banyak pemain utama Persib terkena hukuman Komisi Disiplin PSSI akibat pelanggaran saat bermain lawan Persija Jakarta pada Minggu (23/9).

Tanpa para pemain utamanya itu Persib kalah 1-2 dari Madura United dalam pertandingan selanjutnya di Stadion Batakan pada Selasa (9/10). Pelatih berusia 61 tahun tersebut sempat berpikiran untuk hengkang, tapi niatan tersebut cepat-cepat diantisipasi manajer Persib Umuh Muchtar.


"[Gomez] bertahan. Kelihatannya sempat berpikiran meninggalkan Persib kalau begini keadaannya, tapi saya sudah kasih penjelasan dan mengarahkan Gomez. Dia mengerti akhirnya," kata Umuh kepada CNNIndonesia.com pada Kamis (11/10).

"Memang [Gomez] tertekan dan bingung, tapi keadaannya berubah setelah saya datang ke Kalimantan. Saya sengaja datang di tengah kesibukan, karena ada beban moral. Saya kasih semangat dan meminta agar Persib tidak perlu banyak bicara dulu," katanya menambahkan.

Mario Gomez berhasil diyakinkan bertahan oleh Umuh Muchtar.Mario Gomez berhasil diyakinkan bertahan oleh Umuh Muchtar. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Lebih lanjut, Umuh yakin keadaan Persib akan membaik seperti sedia kala. Ia juga mengatakan Gomez tidak menegosiasikan hal apapun berkaitan dengan kontrak kerja dia di Bandung.

"Tidak lah, dia mengerti ada aturannya. Dia sudah tanda tangan kontrak dari awal, semua sudah beres. Kalau negosiasi gaji lagi dan lain-lain, itu dilakukan setelah selesai liga," ucap Umuh.

"Saya juga banyak bicara dengan Pak Glenn [Sugita, Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat] habis lawan Madura United. Kasihan juga lihat Pak Glenn yang mengeluarkan uang banyak, saya tidak tega," ucapnya melanjutkan.

Umuh berharap keadaan sepak bola Indonesia tetap kondusif. Komisi Disiplin PSSI, lanjut dia, pun diharapkan bisa mengambil kebijakan yang lebih baik pada masa mendatang.

"Dan saya beri semangat kepada yang bermain untuk Persib saat ini. Sekarang mereka sudah sampai di Papua," ujar Umuh.

Selanjutnya, Persib bertanding lawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala pada Senin (15/10). Saat ini Persib masih memuncaki klasemen sementara Liga 1 dengan perolehan 44 poin. (map/sry)