Emas Jendi Pangabean untuk Korban Gempa Sulawesi Tengah

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/10/2018 21:40 WIB
Emas Jendi Pangabean untuk Korban Gempa Sulawesi Tengah Jendi Pangabean andalan Indonesia di cabang olahraga renang pada ajang olahraga difabel. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perenang Indonesia Jendi Pangabean mempersembahkan prestasi medali emas Asian Para Games 2018 untuk korban gempa bumi di Sulawesi Tengah.

Jendi merebut medali emas nomor gaya punggung 100 meter kategori S9 dengan catatan waktu terbaik satu menit 7,45 detik di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (11/10). Ia mengalahkan perenang China Qingquan Luo dan perenang Korea Selatan Kwon Yong-hwa.

"Yang jelas ini [medali emas] untuk bangsa Indonesia, apalagi sekarang bangsa Indonesia sedang banyak dalam keadaan bencana. Saya harap ini jadi semangat untuk masyarakat Indonesia, apalagi untuk saudara-saudara kita yang ada di Donggala," kata Jendi usai bertanding kepada para awak media.


Jendi Pangabean meraih emas kedua dari kolam renang Asian Para Games 2018 setelah Syuci Indriani.Jendi Pangabean meraih emas kedua dari kolam renang Asian Para Games 2018 setelah Syuci Indriani. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Emas dari kolam renang yang dipersembahkan Jendi merupakan emas ke-24 dan yang pertama bagi Indonesia pada hari keenam Asian Para Games 2018, Kamis (11/10). Sebelumnya atlet-atlet Indonesia yang berlaga di cabang olahraga sepeda, angkat berat, dan atletik gagal meraih emas.

"Saya berharap [medali emas] ini memotivasi mereka, kami di sini selalu mendukung dan mendoakan mereka semua," ucap Jendi.

Hingga pukul 21.30 WIB, Indonesia berada di posisi enam klasemen sementara perolehan medali Asian Para Games 2018 dengan 24 medali emas, 33 perak, dan 39 perunggu. Indonesia berada di bawah Uzbekistan yang memiliki 31 medali emas, 20 perak, dan 16 perunggu. (map/nva)