Timnas Portugal Merindukan Cristiano Ronaldo

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 13:42 WIB
Timnas Portugal Merindukan Cristiano Ronaldo Timnas Portugal mulai merindukan sosok Cristiano Ronaldo. (REUTERS/Christian Hartmann)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Portugal merindukan Cristiano Ronaldo usai mengalahkan Polandia 3-2 di Stadion Slaski dalam lanjutan pertandingan Grup 3 UEFA Nations League, Jumat (12/10) dini hari.

Dalam laga tersebut timnas Portugal tidak diperkuat Ronaldo. Mantan pemain Manchester United itu tidak bergabung dengan Portugal dalam pemusatan latihan karena ingin menyelesaikan kasus dugaan perkosaan terhadap Kathryn Mayorga.

Tanpa keberadaan Ronaldo, Portugal tertinggal lebih dulu setelah Krzysztof Pitek mencetak gol pada menit ke-18. Tetapi gol dari Andre Silva, bunuh diri Kamil Glik, dan gol Bernardo Silva membuat Portugal berbalik unggul 3-1. Polandia akhirnya memperkecil kedudukan melalui Jakub Blaszcykowski di menit ke-77.


Kemenangan itu membuat Portugal berada di puncak klasemen Grup 3 UEFA Nations League dengan dua kemenangan. Kendati demikian, pelatih Portugal Fernando Santos secara tidak langsung mengakui timnya merindukan sosok Ronaldo di dalam lapangan.

"Tidak ada tim yang bisa lebih baik tanpa pemain terbaik di dunia, tidak ada gunanya berbicara tentang siapa yang tidak ada di sini," kata Santos dikutip dari Express.

"Ketika Ronaldo bermain, dia lebih menyerang di sisi kiri dan memberi kami lebih banyak kemampuan untuk penyelesaian akhir," Santos menambahkan.

Timnas Portugal menang 3-2 atas Polandia di UEFA Nations League.Timnas Portugal menang 3-2 atas Polandia di UEFA Nations League. (REUTERS/Rafael Marchante)
Hanya saja menurut Santos saat Ronaldo bermain, para pemain timnas Portugal harus menemukan cara untuk bisa memberikan bola kepada CR7. Pemain lain juga harus bisa mengisi posisi Ronaldo yang kosong di sisi kiri ketika penyerang 33 tahun itu bergerak ke dalam.

"Ini adalah bagaimana kami akan terus melanjutkan. Kami memulai laga dengan baik, mengendalikan bola, tetapi kemasukan gol. Itu bisa menjadi waktu yang sulit tetapi tim tetap tenang, mengendalikan ritme," tutur Santos.

Santos tidak memungkiri timnas Portugal masih membutuhkan banyak evaluasi di turnamen ini. Di antaranya mudah kehilangan bola.

"Portugal hanya memiliki satu fokus, menang, hasil dalam pertandingan resmi menunjukkan ini. Kami tidak bisa menjadi juara Eropa tanpa ingin menang. Beberapa kali [kami] lebih defensif, yang lain lebih ofensif, tetapi Anda harus bertahan dengan baik, jika tidak, Anda tidak akan menang," ucap Santos. (sry/har)