Khabib vs McGregor di UFC 229 Ciptakan Rekor Penjualan

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 13/10/2018 14:40 WIB
Khabib vs McGregor di UFC 229 Ciptakan Rekor Penjualan Pertarungan gelar juara kelas ringan UFC antara Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor ciptakan rekor penjualan 2,4 juta penonton. (REUTERS/Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertarungan gelar juara dunia kelas ringan UFC antara Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor di Las Vegas, Amerika Serikat, Sabtu (6/10) waktu setempat, menciptakan rekor penjualan pay-per-view (PPV).

Pertarungan Khabib vs McGregor yang masih menyisakan polemik menciptakan rekor penjualan PPV. Dikutip dari The Sun, rekor penjualan PPV Khabib vs McGregor mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang pertarungan kedua McGregor vs Nate Diaz pada Agustus 2016.

Total 2,4 juta orang membeli PPV untuk menyaksikan siaran pertarungan Khabib vs McGregor. Jumlah itu unggul jauh atas PPV McGregor vs Diaz yang hanya mendapatkan 1,65 juta penjualan.


Duel Khabib vs McGregor tampaknya menyedot begitu banyak penonton karena banyak tensi yang diciptakan sebelum hingga sesudah laga. Utamanya adalah setiap gelaran konferensi jelang pertandingan, petarung asal Republik Irlandia itu kerap melontarkan kata-kata ejekan yang menyinggung agama Khabib dan timnya.

Salah satu yang disebut McGregor teroris adalah manajer Khabib, Ali Abdelaziz, pada konferensi pers 4 Oktober di Las Vegas.

Khabib Nurmagomedov menaklukkan Conor McGregor pada ronde keempat. (Khabib Nurmagomedov menaklukkan Conor McGregor pada ronde keempat. (Harry How/Getty Images/AFP)
"Manajernya (Khabib) adalah teroris. Saya bisa menceritakannya lebih detail dan saya akan melakukannya. Dia tidak bisa ikut penerbangan dari Kairo, Mesir ke New York pada 11 September 2001."

"Dia tertangkap dengan kepemilikan lima paspor. Dia kemudian berubah jadi informan dan kemudian beralih jadi orang yang bekerja sama dengan dia (Khabib). Saya bahkan tak tahu bagaimana orang itu (Abdelaziz) bisa ada di negara ini," ucap McGregor seperti dikutip dari Foxsports.

Laga antara dua petarung tersebut pun berakhir dengan kerusuhan di dalam dan luar oktagon. Pemicunya adalah aksi Khabib yang melompati pagar oktagon dan menyerang rekan setim McGregor, Dillon Danis, yang dianggap telah melecehkan ayah dan agama petarung asal Rusia tersebut.

Tak pelak, aksi Khabib itu menodai kemenangannya atas McGregor yang nyaris sempurna. Ia mampu menyudahi perlawanan rivalnya itu pada ronde keempat melalui submission atau kuncian di leher.

Dalam video rekaman ulang sempat terungkap pula percakapan dua petarung itu saat berduel di ronde ketiga. Khabib yang mulai mengungguli dan banyak menghujani pukulan ke McGregor itu diklaim sempat mengatakan sesuatu kepada lawannya.

"Saatnya kita bicara! Saatnya kita bicara!," demikian perkataan Khabib.

McGregor pun terdengar pula mengucapkan kepada Khabib bahwa di UFC ini semata hanya pekerjaan dan bisnis. Petinju kelahiran Dagestan itu pun membalas dengan berkata sudah menduga The Notorious akan mengatakan demikian. (har/bac)