Jokowi: Negara Tidak Rugi Beri Bonus Atlet

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 13/10/2018 16:11 WIB
Jokowi: Negara Tidak Rugi Beri Bonus Atlet Jokowi menegaskan negara tak akan rugi meski mengeluarkan anggaran besar untuk bonus kepada para atlet berprestasi di Asian Games dan Asian Para Games 2018. (CNN Indonesia/Ulfa Arieza)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menegaskan negara tidak akan merugi setelah memberi bonus kepada atlet peraih medali serta pelatih atlet, baik pada Asian Games 2018 maupun Asian Para Games 2018. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menyerahkan bonus kepada peraih medali di Asian Para Games 2018 di Istana Bogor.

Pada gelaran Asian Games 2018 lalu, pemerintah menggelontorkan dana Rp210 miliar untuk bonus para atlet dan pelatih yang berprestasi. Sementara pada Asian Para Games 2018 kali ini pemerintah menyiapkan bonus lebih besar yaitu Rp231 miliar.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) semula hanya menganggarkan dana sebesar Rp204 miliar. Tapi ternyata prestasi dari tim Indonesia di multi-cabang empat tahunan ini membuat pemerintah menambah jumlah dana tersebut menjadi Rp231 miliar.



"Negara tidak rugi memberikan itu kepada Bapak dan Ibu yang telah mengangkat harkat dan martabat negara kita ke kancah Asia," kata Jokowi di Istana Bogor saat memberikan bonus kepada para atlet peraih medali pada Asian Para Games 2018, Sabtu (13/10).

Selain memberikan bonus, Jokowi juga memuji capaian atlet Asian Para Games 2018 yang melebih target. Pada klasemen sementara sore ini pukul 15.00 WIB, Tim Merah Putih berhasil mengoleksi 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 medali perunggu dengan menempati peringkat ke-5 klasemen sementara.

Sementara pada Asian Games 2018 lalu, Indonesia selaku tuan rumah berhasil mengantongi total 98 medali meliputi 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.


Jokowi pun sempat melontarkan gurauan soal raihan medali atlet Asian Para Games 2018 yang menyedot lebih banyak Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk bonus.

"Yang jelas emasnya melebihi Asian Games. Tapi juga ingat, APBN yang keluar juga menjadi lebih banyak. APBN yang keluar untuk saudara-saudara lebih banyak tapi kita syukuri Alhamdulillah, karena ini untuk nama Bangsa dan Negara Indonesia," kata Jokowi.

Untuk sementara China menempati puncak klasemen medali Asian Para Games 2018 dengan 172 emas. Korea Selatan menyusul di posisi kedua dengan 53 emas. Selanjutnya ada Iran dengan 51 emas dan Jepang dengan 45 emas. (ulf/stu)