Hong Kong Bertabur Naturalisasi, Timnas Indonesia Tak Gentar

Tim, CNN Indonesia | Senin, 15/10/2018 15:57 WIB
Hong Kong Bertabur Naturalisasi, Timnas Indonesia Tak Gentar Bek Timnas Indonesia Hansamu Yama Pranata tak gentar menghadapi Hong Kong yang bertabur para pemain naturalisasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Hong Kong bakal bertabur pemain naturalisasi menghadapi Timnas Indonesia pada laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Selasa (16/10), sebelum gelaran Piala AFF 2018.

Menanggapi ancaman tersebut, bek Garuda Hansamu Yama Pranata tak gentar menghadapi ancaman dari Hong Kong.

Total ada tujuh pemain Hong Kong yang diboyong ke Indonesia untuk menghadapi tim arahan pelatih sementara, Bima Sakti. Rata-rata para pemain tersebut memiliki postur lebih tinggi dari para pemain Merah Putih.


Dengan kondisi itu, Hong Kong bakal lebih diunggulkan dengan permainan umpan-umpan atas dan tendangan bola mati.

"Hong Kong tim yang bagus dengan postur pemain yang tinggi. Dengan postur tubuh yang tinggi, bola-bola mati dari mereka yang harus kami antisipasi," kata Hansamu saat konferensi pers di Hotel Gran Zuri, Senin (15/10).

Timnas Indonesia bersiap menghadapi Hong Kong usai menekuk Myanmar 3-0. (Timnas Indonesia bersiap menghadapi Hong Kong usai menekuk Myanmar 3-0. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Hong Kong bertabur para pemain naturalisasi di sektor belakang dan depan. Di lini belakang, ada nama seperti Daniel Cancela dari Spanyol dan Andrew James Russel asal Inggris.

Sektor depan bahkan seluruhnya diperkuat oleh para pemain asing rekrutan dari luar Hong Kong. Mereka adalah winger asal Inggris Jaimes Anthony McKee, penyerang Alessandro Ferreira (Brasil), Giovane Alves Da Silva (Brasil), Paul Oliver Ngue (Kamerun), dan Alexander Oluwatayo Akande (Nigeria).

Rata-rata para penyerang Hong Kong tersebut pun memiliki tinggi badan 180 sentimeter lebih sehingga bakal lebih diuntungkan dengan bola-bola atas.

Lanjut Hansamu, ia dan pemain lain di Timnas Indonesia bakal berusaha maksimal untuk memberikan hasil terbaik pada laga uji coba melawan Hong Kong nanti. Terlebih, uji coba ini menjadi rangkaian persiapan jelang Piala AFF 2018 yang dimulai 8 November sampai 15 Desember mendatang.

Indonesia sendiri juga diperkuat pemain naturalisasi yakni Beto Goncalves dan Stefano Lilipaly untuk menghadapi Hong Kong. Satu nama pemain yakni Esteban Vizcarra dipulangkan dan digantikan dengan Andik Vermansah.

Vizcarra sempat dimainkan pada babak kedua laga Merah Putih menghadapi Myanmar. Pertandingan itu berakhir dengan kemenangan Indonesia 3-0.

Skuat Hong Kong

Kiper: Yapp Hung Fai, Wang Zhenpeng, Yuen Ho Chun

Belakang: Cheng King Ho, Tsang Kam To, Festus Baise, Daniel Cancela Rodriguez, Lau Ho Ming, Andrew James Russel, Tsui Wang Kit, Leung Nong Hang

Tengah: Leung Chun Pong, Xu Deshuai, Yue Tsz Nam, Huang Yang, Tan Chun Lok, Lee Ka Yiu, Wong Wai

Depan: Jaimes Anthony Mckee, Alessandro Ferreira Leonardo, Giovane Alves Da Silva, Paul Oliver Ngue, Alexander Oluwatayo Akande (TTF/bac)