5 Fakta Unik Sirkuit Motegi MotoGP Jepang

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 23:56 WIB
5 Fakta Unik Sirkuit Motegi MotoGP Jepang Terdapat lima fakta unik di Sirkuit Motegi MotoGP Jepang. (AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para pebalap akan kembali bersaing untuk menjadi yang tercepat pada ajang seri balap MotoGP Jepang 2017 di Sirkuit Motegi, Minggu (21/10). CNNIndonesia.com mencoba menyajikan lima fakta unik gelaran balapan di sirkuit tersebut.

MotoGP Jepang meninggalkan sejumlah cerita dan pengalaman menarik bagi para pebalap. Balapan di Sirkuit Motegi didominasi tim pabrikan Honda dan Yamaha selama enam tahun.

Musim lalu, Marc Marquez yang mewakili tim Honda hampir saja kembali memperpanjang rekor dominasi bagi Honda. Namun, Andrea Dovizioso berhasil mengandaskan ambisi Marquez di lap terakhir.


Kini ajang perburuan gelar yang tercepat tentu akan menjadi target utama Marquez. Pasalnya, pebalap asal Spanyol itu masih menduduki pemuncak klasemen dengan mengoleksi 271 poin sementara Dovizioso di posisi kedua dengan koleksi 194 poin. Kemenangan Marquez di sirkuit Motegi nanti, akan memastikan dirinya sebagai juara MotoGP 2018.

Berikut lima fakta menarik seri balap Motegi Jepang 2018:

1. Panjang Sirkuit Motegi mencapai 4,8km dengan jumlah 14 tikungan (enam ke kiri, delapan ke kanan). Trek lurus terpanjangnya yaitu 762 meter dengan lebar lintasan 15 meter.

Sirkuit Motegi memiliki trek lurus sepanjang 762 meter. (Sirkuit Motegi memiliki trek lurus sepanjang 762 meter. (AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA)
2. Terakhir kali Ducati menjadi yang tercepat di Sirkuit Motegi pada 2010 dengan pengendara Casey Stoner. Setelahnya, pebalap Honda dan Yamaha mendominasi kemenangan di MotoGP Jepang selama enam tahun. Berikutnya pada 2017, pebalap Ducati Dovizioso berhasil mematahkan dominasi tersebut.

3. Jepang pernah tunda MotoGP akibat gempa bumi berkekuatan 9,0 skala Richter dan tsunami pada 2011. Bencana ini diperparah dengan meledaknya pembangkit listrik tenaga nuklir yang menimbulkan bahaya radioaktif.

4.Marquez jadi juara MotoGP Jepang 2017, sedangkan dua rivalnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, mengalami kecelakaan karena masalah ban. Sempat bersaing di posisi terdepan dengan The Baby Alien, The Doctor terjatuh pada lap ketujuh, Lorenzo pada lap ke-20. The Baby Alien pun finis pertama sekaligus memastikan gelar di Jepang.

5. Jorgen Lorenzo menjadi pengendara yang meraih kemenangan terbanyak di Sirkuit Motegi dengan empat kali menang sejak edisi MotoGP. Rossi dan Loris Capirossi masing-masing meraih tiga kali kemenangan di MotoGP Jepang. (dre/bac)