Timnas Indonesia Ditahan Imbang Hong Kong 1-1

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 20:23 WIB
Timnas Indonesia Ditahan Imbang Hong Kong 1-1 Timnas Indonesia sempat unggul atas Hong Kong di babak pertama lewat gol Beto Goncalves. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia ditahan imbang 1-1 oleh Hong Kong pada laga uji coba terakhir jelang Piala AFF 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (16/10).

Pertandingan ketat terjadi di awal babak pertama. Beberapa kali salah umpan yang dilakukan Timnas Indonesia membuat tim asuhan Bima Sakti itu selalu gagal mengancam gawang Hong Kong.

Setelah sempat kesulitan mencetak gol, Timnas Indonesia akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-40. Berawal dari umpan silang I Putu Gede Juni Antara, penyerang Beto Goncalves berhasil memenangi duel udara dan melepaskan sundulan ke pojok kiri gawang yang tidak mampu dibendung kiper Hung Fai Yapp.


Di pengujung babak pertama Hong Kong hampir mencetak gol melalui sundulan bek Andrew James Russell. Namun, kiper Muhammad Ridho melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola. Skor 1-0 untuk Indonesia tetap bertahan hingga akhir babak pertama.

Beto Goncalves mencetak gol untuk Timnas Indonesia melawan Hong Kong.Beto Goncalves mencetak gol untuk Timnas Indonesia melawan Hong Kong. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Indonesia bermain agresif di awal babak kedua. Sebuah tendangan jarak jauh Evan Dimas Darmono pada menit ke-47 hampir menggandakan keunggulan tim Garuda. Tapi, kiper pengganti Wang Zhenpeng dengan tenang mengantisipasi bola.

Satu menit kemudian Irfan Jaya memiliki peluang emas. Meski tinggal berhadapan dengan kiper Hong Kong setelah menerima umpan lambung I Putu Gede, penyelesaian akhir Irfan Jaya yang bermain untuk Persebaya Surabaya itu masih menyamping.

Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Singapura di Piala AFF 2018.Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Singapura di Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Di tengah usaha menggandakan keunggulan, Indonesia justru harus kebobolan pada menit ke-69. Festus Baise menyamakan kedudukan untuk Hong Kong melalui sundulan setelah menerima umpan Alessandro Ferreira yang bermain untuk PSM Makassar.

Bima Sakti yang menjadi pelatih sementara Timnas Indonesia memutuskan untuk memasukkan Andik Vermansah dan menarik keluar Febri Hariyadi setelah Hong Kong menyamakan kedudukan. Masuknya winger Kedah FA itu menambah daya gedor Indonesia.

Pada menit ke-75, sebuah umpan silang Irfan Jaya gagal diteruskan Stefano Lilipaly meski tinggal berhadapan dengan gawang kosong. Peluang itu bermula dari pergerakan Andik yang memberi umpan ke Irfan Jaya di sisi kanan pertahanan Hong Kong.

Di sisa waktu pertandingan baik Indonesia dan Hong Kong sama-sama memiliki peluang emas untuk mencetak gol kemenangan. Tapi, penyelesaian akhir yang terburu-buru dan penampilan apik Muhammad Ridho di bawah mistar gawang Indonesia membuat skor 1-1 tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Ini adalah uji coba terakhir Timnas Indonesia jelang tampil di Piala AFF 2018. Indonesia akan menghadapi Singapura pada laga pertama Grup B Piala AFF 2018, 9 November mendatang.

Susunan pemain

Timnas Indonesia: Muhammad Ridho; I Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin (Fachrudin Aryanto), Rizki Rizaldi Pora (Abduh Lestaluhu, 59'); Evan Dimas Darmono, Zulfiandi (Bayu Pradana, 73'); Irfan Jaya, Stefano Lilipaly (Dedik Setiawan, 91'), Febri Hariyadi (Andik Vermansah, 73'); Beto Goncalves (Septian David Maulana, 59').

Timnas Hong Kong: Hung Fai Yapp; Daniel Cancela Rodriguez, Festus Baise, Kin Man Tong, Andrew James Russell; Yang Huang, Yuto Nakamura, Chun Lok Tan; Alexander Oluwatayo Akande, Paul Olivier Ngue, Jaimes Anthony Mckee. (har/bac)