Suporter Timnas Indonesia Tantangan Taiwan di Piala Asia U-19

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/10/2018 16:45 WIB
Suporter Timnas Indonesia Tantangan Taiwan di Piala Asia U-19 Suporter Timnas Indonesia U-19 jadi tantangan bagi Taiwan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suporter Timnas Indonesia U-19 akan menjadi tantangan khusus bagi Taiwan saat melakoni pertandingan Grup A Piala Asia U-19 2018.

Timnas Taiwan dijadwalkan menghadapi Timnas Indonesia U-19 pada laga pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (18/10). Seperti di turnamen-turnamen lainnya, pertandingan pertama ini penting untuk kedua tim. Kemenangan atau poin yang didapat di laga pembuka bisa memberikan motivasi untuk pertandingan berikutnya.

Piala Asia U-19 2018 merupakan yang pertama bagi Taiwan setelah kali terakhir tampil di edisi 1974. Di Piala Asia U-19 yang digelar di Thailand itu Taiwan gagal lolos ke babak gugur setelah menempati peringkat ketiga Grup D usai kalah bersaing dengan tuan rumah dan Jepang. Kembali tampil di level elite usia muda membuat Taiwan cukup termotivasi di Piala Asia U-19 2018.


Pelatih Taiwan Vom Ca Nhum mengatakan tak sabar menanti atmosfer kehadiran ribuan suporter Indonesia di SUGBK.

"Kami belum pernah merasakan main dengan penonton segitu banyak. Di Taiwan, jika ada 100 orang saja yang nonton, kami sudah bersyukur."

"Saya mau banyak suporter yang datang untuk dukung Taiwan. Seberapa banyak pun suporter yang datang, saya janji akan menampilkan permainan terbaik," jelas Ca Nhum.

Timnas Indonesia U-19 belum pernah bertemu dengan Taiwan.Timnas Indonesia U-19 belum pernah bertemu dengan Taiwan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Senada dengan Ca Nhum, pelatih Qatar, Bruno Pinheiro mengungkapkan jika SUGBK penuh dengan suporter nantinya, itu bakal jadi kali pertama timnya main disaksikan banyak penonton di dalam stadion.

"Ini tantangan baru bagi kami. Kehadiran penonton bakal memberikan motivasi lebih bagi pemain kami," ujar Pinheiro.

Senada, pelatih Uni Emirates Arab (UAE) menyebut Timnas Indoensia merupakan tim yang luar biasa karena mendapat dukungan dari puluhan ribu suporter Indonesia yang diperkirakan bakal memenuhi SUGBK. Keberadaan penonton jadi hal yang menarik untuk meningkatkan atmosfer pertandingan bagi para pemain muda.

Perlihatkan Budaya Indonesia

Indonesia dikenal sebagai tim yang memiliki suporter militan. Dukungan yang tak henti-henti disuarakan suporter selama pertandingan menjadi kekuatan tersendiri bagi Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri berharap suporter yang hadir ke SUGBK bisa menunjukkan santun, tertib dan tidak provokatif sebagai budaya bangsa selama mendukung Witan Sulaeman dkk berlaga di Piala Asia U-19.

"Biarkan suporter Timnas Indonesia jadi contoh suporter lain di mana pun. Saya berharap besok banyak suporter yang hadir ke GBK untuk mendukung anak-anak kita karena bagaimanapun suporter adalah darah dari permainan."

"Saya berharap banyak penonton yanh hadir di pertandingan pertama, kedua, ketiga dan keempat," harapnya. (TTF/jun)