Henry Terinspirasi Guardiola dan Wenger dalam Melatih

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/10/2018 01:20 WIB
Henry Terinspirasi Guardiola dan Wenger dalam Melatih Thierry Henry akan menjalani debut sebagai pelatih di klub AS Monaco. (AFP PHOTO / JOHN THYS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Thierry Henry mengaku terinsipirasi oleh Pep Guardiola dan Arsene Wenger untuk menjalani karier pertamanya sebagai pelatih di klub AS Monaco.

Henry yang baru menjadi pelatih Monaco menyatakan menjadikan Guardiola sebagai acuan dalam melatih. Mantan pemain timnas Prancis itu pernah merasakan polesan Guardiola ketika bergabung ke Barcelona. Dalam musim pertama bersama Guardiola membela Blaugrana, Henry berhasil meraih gelar juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Menurut Henry, Guardiola adalah sosok yang memiliki kemampuan lebih sebagai juru taktik ketimbang pelatih-pelatih lain.


"Pep adalah referensi saya. Saya kembali belajar bagaimana memainkan sepak bola ketika saya berada di bawah arahannya di Barcelona. Pep bisa berbicara mengenai sepak bola selama mungkin, Anda bisa saja tertidur dan dia akan terus berbicara. Anda tahu beebrap penemuannya di sepak bola, dia selangkah lebih maju," ujar Henry dikutop dari skysports.

Selain menyebut Guardiola, Henry juga mengakui Wenger sebagai salah satu pelatih yang memiliki pengaruh besar dalam kariernya sebagai pesepakbola.

Dalam kariernya selama 20 tahun, Wenger merupakan pelatih yang paling lama bekerja sama dengannya. Henry membela Arsenal selama delapan musim di bawah arahan pelatih gaek asal Prancis tersebut.

"Arsene membuka pikiranku mengenai beberapa hal dan membuat saya mengerti bagaimana caranya menjadi profesional dan saya tidak pernah melupakannya," kata Henry.

"Anda tahu hubungan saya dengannya, tanpa perlu diutarakan lagi saya akan membawa beberapa hal yang dia lakukan. Anda belajar dari orang lain dan mereka menginspirasi Anda tapi Anda melakukannya dengan cara Anda sendiri," sambung sosok yang menjadi asisten pelatih timnas Belgia pada Piala Dunia 2018. (nva/nva)


BACA JUGA