Wakil Indonesia Targetkan Buka Puasa Gelar Denmark Terbuka

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/10/2018 05:00 WIB
Wakil Indonesia Targetkan Buka Puasa Gelar Denmark Terbuka Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir belum pernah menjuarai turnamen Denmark Terbuka. (AFP PHOTO / JUNG YEON-JE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia menargetkan menyudahi puasa gelar Denmark Terbuka yang sudah berlangsung selama delapan tahun.

Sejak Simon Santoso meraih gelar juara Denmark Terbuka 2009 belum ada lagi wakil Indonesia yang berhasil tampil sebagai pemenang dalam salah satu turnamen bulutangkis yang cukup bergengsi di Eropa itu.

Pada ajang Denmark Terbuka tahun ini, hampir seluruh pemain andalan Merah Putih tampil. Dari sederet pebulutangkis papan atas yang dimiliki Indonesia, hanya ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang absen lantaran Fajar harus kembali ke Indonesia karena ada anggota keluarganya yang sakit.


Ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang telah melewati babak pertama menargetkan tampil lebih baik di babak selanjutnya agar mampu mencapai partai final dan menjadi juara, memperbaiki hasil yang diraih tahun lalu ketika hanya menjadi runner-up.

"Pasti kali ini ingin juara, di tiap turnamen kami juga maunya juara. Tapi kami tidak mau berpikir terlalu jauh, step by step saja," kata Kevin dikutip dari rilis resmi PBSI.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah di final Denmark Terbuka 2017.Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah di final Denmark Terbuka 2017. (Dok. PBSI)
Target menjadi juara juga diusung pasangan ganda campuran senior Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Meski tidak diwajibkan meraih gelar, namun peraih emas Olimpiade 2016 itu tidak menutup ambisi tampil sebagai yang terbaik.

"Sekarang bebannya bukan di kami lagi, kami akan bermain nothing to lose dan mencoba menikmati permainan kami. Rasa penasaran pasti ada, apalagi kami belum pernah juara di sini. Kami tetap ingin jadi juara, tapi kami sadar ini tidak akan mudah karena persaingan pemain-pemain muda begitu sengit," ujar Liliyana.

Dari 14 wakil Indonesia yang sudah berlaga di babak pertama, hanya tiga yang mengalami kekalahan. Atlet-atlet yang masih bertahan akan menjalani babak kedua pada Rabu (17/10).

Daftar Pemain Indonesia di Babak Kedua Denmark Terbuka 2018:

Tunggal Putra:
Jonatan Christie vs Sameer Verma
Tommy Sugiarto vs Son Wan Ho

Tunggal Putri:
Gregoria Mariska Tunjung vs Mia Blichfeldt

Ganda Putra:
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Mark Lamsfuss/Marvin Seidel
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Mathias Boe/Carsten Moegensen
Berry Angriawan/Hardianto vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

Ganda Putri:
Greysia Polii/Apriani Rahayu vs Emma Karlsson/Johanna Magnusson
Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta vs Selena Piek/Cheryl Seinen

Ganda Campuran:
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich
Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto vs Zheng Siwei/Huang Yaqiong
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Chris Adcock/Gabrielle Adcock (nva/nva)


BACA JUGA