Indra Bela Striker Timnas Indonesia U-19 yang Belum Cetak Gol

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 19/10/2018 06:14 WIB
Indra Bela Striker Timnas Indonesia U-19 yang Belum Cetak Gol Bagi Indra Sjafri, peran striker tak hanya untuk mencetak gol melainkan juga membuka ruang dan menciptakan peluang. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri membela performa penyerang Garuda Nusantara, Muhammad Rafli yang belum mencetak gol ketika menghadapi Taiwan dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (18/10).

Timnas Indonesia U-19 menang 3-1 dari Taiwan. Tiga gol tersebut dicetak gelandang Egy Mualana Vikri (50') dan pemain sayap Witan Sulaeman (71', 89'). Sedangkan satu-satunya gol dari Taiwan dicatat Wang Chung Yu (52'). Rafli yang diplot sebagai ujung tombak gagal mencetak gol di laga ini.

Meski gagal mencetak gol, Indra tetap membela performa Rafli. Bagi Indra, sosok striker tak hanya dilihat dari sumbangan gol yang diberikan melainkan peran secara keseluruhan sebagai bagian dari tim.


"Bahasa Anda [jurnalis] mirip media sosial, menyalahkan striker. Untuk saya, striker tugasnya tak hanya cetak gol tapi buka [peluang kepada] pemain lain untuk cetak gol. Itu sama nilainya," kata Indra kepada para awak media dalam konferensi pers usai pertandingan.
Timnas Indonesia U-19 berhasil menaklukkan Taiwan dengan skor 3-1 di laga perdana Piala Asia U-19.Timnas Indonesia U-19 berhasil menaklukkan Taiwan dengan skor 3-1 di laga perdana Piala Asia U-19. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
"Saya yakin mereka [penyerang Timnas Indonesia U-19] semakin hari lebih baik. [Penyerang Timnas Indonesia U-19, Muhammad] Rafli tidak jelek penampilannya, ada progres," ucapnya menambahkan.

Rafli sendiri ditarik keluar oleh Indra Sjafri untuk digantikan oleh Todd Rivaldo Ferre di menit ke-73. Usai Rafli keluar, daya gedor Timnas Indonesia U-19 tetap membahayakan jantung pertahanan Taiwan. Sebelum Witan mencetak gol penutup, Timnas Indonesia U-19 punya banyak peluang untuk mencetak gol ketiga ke gawang Taiwan.

Kemenangan atas Taiwan sendiri membuat Timnas Indonesia U-19 berhak atas pemuncak klasemen grup A. Timnas Indonesia U-19 unggul; selisih gol atas Uni Emirat Arab yang menang 2-1 atas Qatar pada laga perdana.

Penyerang Taiwan Akui Kualitas Timnas Indonesia

Sementara itu penyerang Taiwan, Will Donkin mengakui kualitas permainan Timnas Indonesia U-19 di laga tersebut.

"Saya pikir mereka bermain sangat baik, ini pertandingan yang bagus. Saya pikir secara keseluruhan, ini pertandingan yang sulit bagi kami. Akan tetapi kami cukup bisa menekan Timnas Indonesia U-19 hingga menit terakhir," kata pemain bernomor punggung 10 ini kepada para awak media usai pertandingan.

"Itu [menekan Timnas Indonesia U-19] butuh usaha yang keras. Sekarang, kami fokus untuk pertandingan mendatang lawan UEA," ucap Donkin. (map/ptr)