Exco: Luis Milla Sudah Tak Percaya PSSI

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 21/10/2018 15:32 WIB
Exco: Luis Milla Sudah Tak Percaya PSSI Luis Milla dianggap Pieter Tanuri tak percaya PSSI. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Exco PSSI Pieter Tanuri menilai pelatih Timnas Indonesia Luis Milla tak lagi percaya terhadap PSSI meski komunikasi di antara kedua pihak diklaim sempat harmonis.

Respons lambat Milla terkait perpanjangan kontrak dianggap sebagai bentuk ketidakpercayaan terhadap federasi sepak bola Indonesia yang menaungi pengelolaan Timnas Indonesia.

"Dia tidak punya trust kepada PSSI dengan tidak mau hadir ke Indonesia. Kami butuh pelatih yang punya kepercayaan kepada Indonesia. Buat apa kalau tidak ada kepercayaan," kata Pieter kepada CNNIndonesia.com, Minggu (21/10).


Pieter juga merespons wacana Milla yang tak jadi datang ke Indonesia karena persoalan pembiayaan tiket pesawat. PSSI berharap Milla membeli tiket sendiri untuk ke Indonesia, sementara sang pelatih dikabarkan menunggu jadwal tiket dari federasi.

Luis Milla belum merespons tawaran perpanjangan kontrak dari PSSI.Luis Milla belum merespons tawaran perpanjangan kontrak dari PSSI. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
"Sudah menerima uang puluhan miliar, urusan tiket masih dipermasalahkan. Kami juga sudah pernah sodorin (tiket) sebelumnya, tapi dia tidak respons. Kemudian bilang tidak dibelikan tiket. Itu namanya lucu, cari-cari alasan," ungkap Pieter.

Besaran gaji Luis Milla juga menjadi bahan pertimbangan untuk memutus kontrak. Apalagi Milla tidak dapat memenuhi target yang telah ditetapkan PSSI, yakni menjuarai SEA Games 2017 Malaysia dan lolos semifinal Asian Games 2018.

Di SEA Games 2017, Timnas Indonesia U-23 hanya mampu meraih medali perunggu. Sedangkan di Asian Games 2018, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan tersingkir di babak 16 besar.

PSSI akan mengumumkan kepastian status Luis Milla awal pekan ini.PSSI akan mengumumkan kepastian status Luis Milla awal pekan ini. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
"Saya tidak setuju Milla balik lagi. Kami berhak mendapatkan pelatih yang lebih baik dengan biaya yang tidak jauh lebih mahal dari yang dikeluarkan untuk Milla," tegasnya.

Pieter juga heran dengan reaksi warganet yang tetap menginginkan mantan pemain Real Madrid dan Barcelona tersebut terus melatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

"Saya mau belajar dari Luis Milla. Bagaimana bisa tidak berprestasi, tidak juara, tapi dicintai netizen. Dari sisi itu dia hebat sekali," ujar Pieter.

Exco PSSI sendiri dalam rapat Minggu siang telah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Milla di Timnas Indonesia. Jabatan pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 diberikan kepada Bima Sakti yang didampingi Kurniawan Dwi Yulianto dan Kurnia Sandy. (TTF/jun)