Manchester United vs Juventus, Ronaldo Balik ke Old Trafford

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/10/2018 00:43 WIB
Manchester United vs Juventus, Ronaldo Balik ke Old Trafford Cristiano Ronaldo akan kembali ke Old Trafford. (REUTERS/Massimo Pinca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cristiano Ronaldo akan kembali merumput di Stadion Old Trafford dalam duel Manchester United lawan Juventus di ajang Liga Champions, Rabu mendatang (24/10). Kedatangan Ronaldo tentu akan menghadirkan banyak kenangan bagi suporter Setan Merah.

Ronaldo adalah bintang Manchester United di era 2000-an. Ronaldo adalah salah satu motor era emas Manchester United. Bersama Wayne Rooney, Ronaldo jadi pilar muda untuk menyokong bintang-bintang veteran Manchester United macam Ryan Giggs dan Paul Scholes.

Ronaldo didatangkan atas keinginan langsung Sir Alex Ferguson. Cristiano Ronaldo yang kala itu berumur 18 tahun resmi bergabung dengan Manchester United pada 12 Agustus 2003 dengan harga £12 juta dari Sporting Lisbon.


Kiprah Ronaldo di Manchester United tak ubahnya seperti drama. Ia sempat dibenci oleh publik Inggris dan juga diisukan hengkang usai Piala Dunia 2006 lantaran aksi divingnya membuat Rooney dikartu merah.
Manchester United punya peran besar di balik perkembangan karier Cristiano Ronaldo.Manchester United punya peran besar di balik perkembangan karier Cristiano Ronaldo. (AFP PHOTO / PAUL ELLIS)
Usai insiden itu pula, Ronaldo mengalami transformasi dalam posisinya di lapangan. Memulai karier sebagai pemain sayap kanan, Ronaldo didorong lebih ke depan untuk jadi penyerang sayap.

Koleksi gol Ronaldo meningkat drastis. Puncaknya, ia meraih sepatu emas Liga Inggris di musim 2007/2008.

Bersama Manchester United, Ronaldo berhasil membukukan 118 gol dan 68 assist dalam 292 penampilan. Ia menyumbangkan 1 trofi Liga Champion, 3 trofi Liga Primer Inggris, 1 trofi Piala FA, 2 trofi Piala Liga, 1 trofi Piala Dunia Antarklub.

Performa impresif membuat Real Madrid rela memecahkan rekor transfer termahal dunia untuk mendatangkan Ronaldo.
Cristiano Ronaldo menjelma jadi pemain super di Real Madrid.Cristiano Ronaldo menjelma jadi pemain super di Real Madrid. (REUTERS/Sergio Perez)

Jadi Pemain Super di Real Madrid

Kepindahan Real Madrid makin menegaskan status Ronaldo sebagai mesin gol. Produktivitas Ronaldo tiap musimnya lalu berkembang ke level luar biasa dan sulit diterima logika. Hanya Lionel Messi yang sanggup mengimbangi koleksi gol CR7.

Bersama Madrid, Ronaldo mempersembahkan 4 trofi Liga Champion, 2 trofi Copa Del Rey, 2 gelar La Liga, 2 trofi Piala Super Spanyol, 4 piala Piala Dunia Antarklub, dan 3 gelar Piala Super Eropa bagi Madrid.

Saat membela Real Madrid, Ronaldo sudah pernah berhadapan dengan Manchester United. Dalam tiga laga kontra Setan Merah, Ronaldo berhasil mencetak dua gol. Ronaldo juga tak pernah menelan kekalahan saat berjumpa Manchester United dengan catatan dua menang dan sekali imbang.

Kini Ronaldo akan kembali ke Old Trafford dengan berseragam Juventus. Bersama Si Nyonya Tua, ia berhasil membukukan 5 gol dan 5 assist dari 10 penampilan. Dengan usia menginjak 33 tahun, Ronaldo masih layak ditempatkan sebagai pesepakbola papan atas. Skuat Manchester United harus waspada bila tak ingin melihat Old Trafford dibanjiri kekecewaan karena aksi Ronaldo di lapangan. (dre/ptr)