Prediksi Timnas Indonesia U-19 vs UEA di Piala Asia 2018

CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 07:36 WIB
Berikut prediksi Timnas Indonesia U-19 vs UEA dalam laga terakhir fase grup Piala Asia U-19 2018 yang akan berlangsung di SUGBK, Rabu (24/10). Timnas Indonesia U-19 sudah mencetak delapan gol dari dua laga fase grup Piala Asia U-19 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-19 melakoni laga penentuan di Piala Asia U-19 2018 dengan menghadapi Uni Emirat Arab. Berikut prediksi Timnas Indonesia U-19 vs Uni Emirat Arab versi tim CNNIndonesia.com.

Timnas Indonesia U-19 tidak memiliki pilihan selain memenangi laga melawan Uni Emirat Arab untuk bisa lolos ke baak gugur sekaligus memelihara asa tampil di Piala Dunia U-20.
Salah satu aspek yang perlu diperhatikan Garuda Nusantara adalah organisasi dalam bertahan. Kekalahan 5-6 dari Qatar perlu dijadikan pelajaran penting untuk bisa menang atas Uni Emirat Arab.

Berikut prediksi Timnas Indonesia U-19 vs Uni Emirat Arab versi tim olahraga CNNIndonesia.com:


Lawan Tangguh di Situasi Sulit (Nova Arifianto)

Timnas Indonesia U-19 dituntut tidak gegabah dalam menjalani pertandingan melawan Uni Emirat Arab. Berada di situasi sulit dan harus menghadapi lawan tangguh memaksa Luthfi Kamal dan kawan-kawan main mendekati sempurna di setiap lini.

Ada opsi rotasi pemain bagi UEA yang hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan tempat di perempat final, namun jika menyadari ancaman tuan rumah bisa saja wakil Asia Barat itu menurunkan seluruh pemain utama.

Timnas Indonesia U-19 menjalani latihan terakhir jelang menghadapi UEA, Selasa (23/10).Timnas Indonesia U-19 menjalani latihan terakhir jelang menghadapi UEA, Selasa (23/10). (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
UEA dipastikan akan mencoba memanfaatkan keroposnya lini belakang Timnas Indonesia U-19. Permainan cepat dari kedua tim bukan tidak mungkin akan berlangsung selama 2x45 menit yang berpeluang berakhir dengan keunggulan tipis tim tamu, 3-2.

Timnas Indonesia Menang Dramatis (Ahmad Bachrain)

Timnas Indonesia U-19 bakal menerapkan permainan menekan pertahanan Uni Emirat Arab. Namun, UEA memiliki serangan-serangan balik berbahaya yang mampu merepotkan pertahanan tim arahan Indra Sjafri.

Sama seperti saat menghadapi Qatar, Garuda Muda bakal kebobolan di awal-awal babak pertama. Namun yang membedakan, para pemain akan segera bangkit untuk mengejar ketinggalan dengan memperbaiki setiap kesalahan.

Indonesia yang butuh kemenangan atas UEA untuk bisa lolos ke perempat final, saya prediksi bakal membalikkan keunggulan dan menang dramatis di menit-menit akhir dengan skor 2-1.

Dukungan suporter diharapkan oleh Timnas Indonesia U-19 ketika menghadapi UEA.Dukungan suporter diharapkan oleh Timnas Indonesia U-19 ketika menghadapi UEA. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Tanpa Pertahanan Disiplin, Timnas Indonesia Mustahil Menang (Putra Permata Tegar Idaman)

Mencetak delapan gol dalam dua laga tak membuat Timnas Indonesia U-19 punya garansi lini serang yang apik. Pasalnya, lini serang Timnas Indonesia U-19 tak berdaya di babak pertama dalam duel lawan Taiwan dan Qatar. Gol-gol ke gawang Qatar pun di antaranya dihasilkan dari tiga tendangan bebas.

Namun situasi lini serang tidak separah di lini belakang. Bila memang lini serang baru bisa panas di babak kedua, maka sudah sepatutnya lini belakang tidak membuat blunder-blunder di awal babak pertama. Bila fokus dan konsentrasi penuh bisa dijalankan oleh lini belakang, Timnas Indonesia U-19 masih punya peluang bagus untuk menang.

Menarik untuk melihat pendekatan Uni Emirat Arab pada laga ini. Pasalnya, mereka sudah bisa lolos sebagai juara grup dengan hasil imbang di tangan. Mungkin UEA lebih memilih untuk menunggu Timnas Indonesia U-19 untuk menyerang di awal laga dan mengandalkan serangan balik.

Todd Rivaldo Alberth Ferre mencetak tiga gol ke gawang Qatar.Todd Rivaldo Alberth Ferre mencetak tiga gol ke gawang Qatar U-19. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Dengan lini belakang yang disiplin, Timnas Indonesia U-19 bisa mengakhiri laga dengan kemenangan 1-0 lewat situasi bola mati.

Timnas Indonesia Lolos Dramatis (Jun Mahares)

Timnas Indonesia U-19 wajib mengalahkan Uni Emirat Arab sebagai syarat lolos ke fase gugur Piala Asia U-19 2018. Meski bukan lawan mudah, namun skuat arahan Indra Sjafri masih punya kans untuk meraih kemenangan.

Jika mau menang, lini belakang Timnas Indonesia U-19 harus tampil lebih dispilin dan tak mengulangi kesalahan fatal seperti melawan Qatar. Witan Sulaeman dan kawan-kawan juga harus berani mengambil inisiatif menyerang dan bermain efisien. Saya prediksi Garuda Nusantara bisa memenangi laga dengan skor minimal 2-1.

Timnas Indonesia U-19 Menang 3-2 (Surya Sumirat)

Timnas Indonesia U-19 akan mengambil inisiatif menyerang sejak awal dan terus menggempur pertahanan Uni Emirat Arab di babak pertama. Tujuannya demi mendapatkan gol cepat dan merusak konsentrasi lawan.

Timnas Uni Emirat Arab meraih kemenangan 2-1 atas Qatar dalam laga pertama Grup A Piala Asia U-19.Timnas Uni Emirat Arab meraih kemenangan 2-1 atas Qatar dalam laga pertama Grup A Piala Asia U-19 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Dengan merusak konsentrasi lawan dan unggul lebih dulu, Garuda Nusantara akan mudah menguasai permainan melawan Uni Emirat Arab. Beberapa pihak menilai Uni Emirat Arab di atas Timnas Indonesia.

Meskipun dalam pertemuan terakhir melawan Uni Emirat Arab Timnas Indonesia U-19 kalah 1-4 di Piala Asia 2014, saya yakin Indra Sjafri sudah mengambil pelajaran penting dari hasil itu. Karena ketika itu beliau juga yang menjdi pelatihnya. Dengan segala pengalaman yang ada dan kualitas pemain di skuat saat ini saya memprediksi Timnas Indonesia U-19 akan menang dengan skor 3-2.

Benahi Belakang atau Tersingkir (Haryanto Tri Wibowo)

Timnas Indonesia U-19 mungkin hanya butuh menang 1-0 atas Uni Emirat Arab untuk memastikan langkah ke babak perempat final Piala Asia U-19 2018. Tapi, hal itu tidak akan terwujud jika Indra Sjafri tidak membenahi lini belakang yang tampil buruk saat melawan Qatar.

Seperti tidak ada komunikasi di lini belakang Timnas Indonesia. Satu kesalahan mungkin bisa dipahami, tapi hampir seluruh gol Qatar adalah kesalahan lini belakang. Padahal mereka punya kualitas bagus untuk meraih kemenangan.

Jika mampu memperbaiki performa lini belakang, maka Indonesia punya peluang bagus untuk mengalahkan Uni Emirat Arab 2-1. (nva/nva)
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK