Evan Dimas Yakin Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Piala Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 25/10/2018 21:42 WIB
Evan Dimas Yakin Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Piala Dunia Evan Dimas Darmono optimistis Timnas Indonesia U-19 bisa lolos ke Piala Dunia U-20 2019. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain Timnas Indonesia U-19 Evan Dimas Darmono optimistis Skuat Garuda Nusantara bisa lolos ke Piala Dunia U-20 di Polandia 2019 mendatang.

Timnas Indonesia U-19 tinggal selangkah lagi menuju Piala Dunia U-20 2019 usai lolos ke perempat final dengan status runner up Grup A Piala Asia U-19. Hasil ini diraih usai mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0, Rabu (24/10) malam.

Selanjutnya skuat arahan Indra Sjafri akan menghadapi Jepang di perempat final, Minggu (28/10). Ini bukan laga mudah mengingat Jepang merupakan juara bertahan Piala Asia U-19 2016.


Meski demikian, Evan Dimas yakin juniornya bisa melaju ke Piala Dunia U-20 Polandia. Kualitas Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan juga dinilai lebih bagus dibanding Timnas U-19 era Evan Dimas.

Timnas Indonesia lolos ke perempat final secara dramatis.Timnas Indonesia lolos ke perempat final secara dramatis. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Lima tahun lalu, Evan Dimas dan kawan-kawan menjuarai Piala AFF U-19 namun tak mampu lolos fase Grup B Piala Asia U-19 2014 yang dihuni UEA, Australia dan Uzbekistan.

Garuda Nusantara kala itu tidak berhasil memetik satupun kemenangan dari tiga pertandingan di fase grup dan harus tersingkir dari turnamen.

"Timnas U-19 sekarang jauh lebih bagus dan saya optimistis bisa lolos ke Piala Dunia U-20. Insya Allah," kata Evan melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (25/10).

Selain itu, materi pemain yang saat ini dimiliki Timnas Indonesia U-19 juga disebut Evan Dimas lebih berpengalaman dan lebih matang. Pasalnya, hampir semua pemain tampil di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018.

Evan Dimas pernah jadi bintang Timnas Indonesia U-19.Evan Dimas pernah jadi bintang Timnas Indonesia U-19. (REUTERS/Kham)
"Timnas U-19 sekarang sangat bagus. Bahkan ada yang main di luar (negeri) seperti Egy Maulana. Beda sama generasi saya dulu belum ada yang bermain di Liga 1," ungkap Evan Dimas.

Kini, Evan Dimas sudah naik level ke Timnas Indonesia Senior. Beban yang dipikul tim senior dinilai jauh lebih berat dari timnas kelompok umur.

"Perbedaan Timnas U-19 dan Senior tentu ada pada tanggung jawabnya. Di senior jauh lebih besar," terang Evan Dimas.

Namun, Evan tidak menjelaskan secara rinci perbedaan yang dimaksud. "Ya kan timnas senior sama junior pasti beda. Enggak tahu di senior tanggung jawabnya lebih besar," tandasnya. (TTF/jun)