Marquez Tunda Operasi Bahu Hingga MotoGP 2018 Usai

CNN Indonesia | Jumat, 26/10/2018 22:02 WIB
Marquez Tunda Operasi Bahu Hingga MotoGP 2018 Usai Marc Marquez tunda operasi dislokasi bahu hingga akhir musim. (REUTERS/Heino Kalis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marc Marquez memilih untuk menunda operasi bahu setelah MotoGP musim 2018 usai. Padahal pebalap asal Spanyol itu sudah memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2018 di Motegi pada pekan lalu.

Marquez mengalami dislokasi bahu sesaat setelah memenangi MotoGP Jepang sekaligus mengamankan gelar juara dunia 2018. Setelah melewati garis finis, ia mengalami nyeri di bahu dan sempat mendapat perawatan dari kru Honda.

Kendati demikian, cedera dislokasi bahu tak membuatnya berhenti merayakan kemenangan. Ia tetap melakukan perayaan bersama kru dan rekan setimnya usai balapan.


Dislokasi bahu ternyata sering dialami Marquez sepanjang musim ini. Bahkan ia menyebut kondisi bahu menjadi titik terlemahnya.

"Mungkin [bahu] adalah titik lemah saya di musim ini. Sepanjang musim saya mengalami dislokasi bahu berulang kali di sesi latihan," kata Marquez seperti dikutip Autosport.

Marc Marquez sudah memastikan gelar juara dunia MotoGP 2018.Marc Marquez sudah memastikan gelar juara dunia MotoGP 2018. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Meski demikian, Marquez tak mau buru-buru melakukan operasi mengingat ia pernah menyaksikan proses pemulihan pascaoperasi bahu adiknya yang mentas di Moto2, Alex Marquez.

"Adik saya (pebalap Moto2, Alex Marquez) sudah pernah menjalani operasi ini. Mereka menempatkan pembatas di bahu karena ini adalah sesuatu yang sering bergeser maka tulang akan semakin mengecil dan mudah terjadi lagi," ujar Marquez.

"Saya akan melakukannya (operasi) di pekan pertama Desember dan untuk bisa 100 persen lagi di atas motor, di pertengahan Januari," ucap peraih lima gelar MotoGP tersebut.

Marquez juga mengalami kecelakaan di FP2 MotoGP Australia dan membuatnya finis di urutan ketujuh. Sementara pebalap tercepat diraih Andrea Iannone yang meraih catatan waktu 1 menit 29,131 detik.

Live streaming MotoGP Australia 2018, Minggu (28/10), bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. (jun/sry)