Jelang Barcelona vs Madrid, Guardiola Anggap Madrid Tak Tajam

CNN Indonesia | Minggu, 28/10/2018 01:54 WIB
Jelang Barcelona vs Madrid, Guardiola Anggap Madrid Tak Tajam Pep Guardiola menganggap Real Madrid kehilangan ketajaman tanpa Cristiano Ronaldo. (Reuters / Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola, menilai Real Madrid kehilangan ketajaman setelah Cristiano Ronaldo hengkang ke Juventus.

Guardiola menilai Ronaldo memiliki tempat yang tidak tergantikan di lini depan Madrid setelah sembilan musim membela klub tersebut.
"Dengan atau tanpa Cristiano, Real Madrid adalah tim papan atas, tetapi mereka kehilangan banyak gol sekitar 50 atau 60 gol," kata Guardiola dalam wawancara Univision Deportes seperti disitir Marca.

"Dia adalah pemain yang luar biasa, tidak hanya karena golnya tapi juga karena assistnya di saat yang krusial, dia pemain yang tidak tergantikan," ucap Guardiola.


Kendati demikian pelatih yang menghasilkan tiga gelar La Liga bagi Barcelona itu enggan menyebut Madrid tanpa peluang dalam laga El Clasico pertama di musim 2018/2019.

Cristiano Ronaldo dalam sebuah laga El Clasico.Cristiano Ronaldo dalam sebuah laga El Clasico. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)
"Seperti biasa di laga Clasico lainnya, tidak ada tim yang menjadi favorit. Tapi memang Barcelona bermain di rumah dan itu selalu memiliki pengaruh," ujar pelatih yang hengkang dari Barcelona pada akhir musim 2012.

Guardiola juga menilai Madrid masih memiliki kekuatan untuk bangkit setelah menjalani awal musim yang tidak stabil.

"Madrid mengawalinya dengan baik, sekarang mereka mengalami kemunduran, tetapi mereka akan bisa berada di papan atas," ucapnya.

Untuk sementara di La Liga, Madrid berada di peringkat ketujuh. Los Blancos tertinggal empat poin dari Barcelona yang menghuni posisi teratas di klasemen. Khusus dalam persaingan di liga domestik, Madrid tidak pernah menang dalam empat pertandingan terakhir.

Setelah menang 1-0 atas Espanyol, El Real kalah 0-3 dari Sevilla, imbang tanpa gol dengan Atletico Madrid, serta kalah tipis dari Deportivo Alaves dan Levante.

Pertandingan El Clasico akan berlangsung pada pekan ke-10 La Liga. Kemenangan di Camp Nou akan menggaransi Barcelona mempertahankan posisi di puncak klasemen, sementara tiga poin akan berharga bagi Madrid untuk kembali masuk ke papan atas. (nva/ptr)