Timnas Indonesia Akan Hadapi Eks Manajer Inggris di Piala AFF

CNN Indonesia | Minggu, 28/10/2018 00:21 WIB
Timnas Indonesia akan menghadapi Sven Goran Eriksson yang pernah jadi pelatih timnas Inggris pada Piala AFF 2018 mendatang. Sven Goran Eriksson akan jadi pelatih tim nasional Filipina di Piala AFF 2018. (AFP PHOTO / ISSOUF SANOGO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan mantan pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson dalam turnamen Piala AFF 2018. Eriksson resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas Filipina.

Timnas Filipina mengumumkan kepastian kontrak dengan Eriksson pada Sabtu (27/10). Eriksson akan bertugas menangani 'The Azkals' untuk Piala AFF 2018 dan Piala Asia 2019.

"Kami berterima kasih pada Eriksson yang telah menerima tawaran untuk mengisi posisi sebagai pelatih tim nasional Filipina untuk Piala Asia dan Piala AFF," ucap Presiden Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) Mariano Araneta dalam situs resmi PFF.
"Pengalamannya sebagai pelatih akan memberikan motivasi pada Filipina untuk bersaing di tingkat regional dan Asia," ujarnya menambahkan.


Eriksson merupakan salah satu pelatih veteran dengan jam terbang tinggi di dunia sepak bola. Pada dekade 90-an dan 2000-an, nama Eriksson masuk dalam jajaran pelatih elite Eropa.

Sukses Eriksson mengantar Lazio jadi juara Liga Italia, Coppa Italia, Piala Winners, dan Piala Super Eropa membuat namanya dilirik oleh timnas Inggris.
Timnas Indonesia Akan Hadapi Eks Manajer Inggris di Piala AFFTimnas Indonesia berada satu grup dengan Filipina di Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Eriksson lalu bertugas menangani David Beckham dan kawan-kawan di dua edisi Piala Dunia, yaitu 2002 dan 2006. Namun karena gagal di kompetisi tersebut, Eriksson akhirnya hengkang dan bergabung ke Manchester City pada 2007.

Selepas dari Manchester City, Eriksson bertualang menjadi pelatih timnas Meksiko, timnas Pantai Gading, Leicester City, dan kemudian sejak 2013 malang-melintang di Liga Super China bersama Guangzhou R&F, Shanghai SIPG, dan Shenzhen FC.

Debut Eriksson untuk timnas Filipina akan ada pada duel lawan Singapura di ajang Piala AFF 2018. Timnas Indonesia sendiri akan menghadapi Filipina pada 25 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK