Timnas Indonesia U-19 Tertinggal 0-1 dari Jepang di Babak I

CNN Indonesia | Minggu, 28/10/2018 20:18 WIB
Timnas Indonesia U-19 Tertinggal 0-1 dari Jepang di Babak I Timnas Indonesia U-19 tertinggal dari Jepang di babak pertama. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-19 tertinggal 0-1 dari Jepang U-19 hingga akhir babak pertama perempat final Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10).

Jepang menikmati penguasaan bola lebih banyak di sepuluh menit awal pertandingan. Sementara Indonesia bermain sabar di lini pertahanan sendiri dan menampilkan permainan yang solid. Pelatih Indonesia Indra Sjafri sepertinya sadar tim Garuda Nusantara tidak bisa bermain terbuka untuk melawan Jepang.

Peluang pertama justru didapat Indonesia meski lebih banyak bertahan di awal babak pertama. Pada menit kesembilan sebuah tendangan Hanis Saghara di dalam kotak penalti hasil kerja sama dengan Witan Sulaeman masih membentur salah satu pemain bertahan Jepang.


Jepang sempat membuat suporter Indonesia di SUGBK terdiam ketika Daiki Hashioka berhasil membobol gawang Muhammad Riyandi lewat sundulan pada menit ke-11. Tapi, gol dianulir wasit Mooud Bonyadifard karena Hashioka sudah dalam posisi offside ketika menerima umpan tendangan bebas.

Timnas Indonesia U-19 lebih banyak main bertahan melawan Jepang di babak pertama.Timnas Indonesia U-19 lebih banyak main bertahan melawan Jepang di babak pertama. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jepang kembali memiliki peluang pada menit ke-16. Hiroki Abe melepaskan sundulan setelah menerima umpan silang dari sisi kanan. Beruntung bagi Indonesia sundulan Abe masih melambung meski tidak terkawal.

Bek kiri Indonesia Firza Andika menjadi pemain yang paling sibuk di babak pertama. Pasalnya, Jepang lebih banyak membangun serangan melalui sisi kanan. Firza terus mendapat tekanan dari Sukinari Sugawara.

Memasuki pertengahan babak pertama, Indonesia menampilkan 'parkir bus' untuk menahan serangan Jepang. Sebuah strategi yang cukup berhasil. Jepang baru mampu mendapatkan peluang pada menit ke-34 melalui tendangan bebas Kubo Takefusa yang menyamping di sisi kiri gawang Riyandi.

Pertahanan Indonesia menunjukkan permainan yang solid di babak pertama.Pertahanan Indonesia menunjukkan permainan yang solid di babak pertama. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Peluang terbaik Indonesia kemudian muncul pada menit ke-36. Lewat serangan balik cepat, Hanis berhasil melepaskan Saddil Ramdani di sisi kiri kotak penalti Jepang. Sayang, tendangan kaki kanan Saddil hanya bersarang di sisi kiri gawang kiper Kosei Tani.

Setelah kesulitan membongkar pertahanan Indonesia, Jepang akhirnya mulai mencoba melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Hasilnya pada menit ke-40 Jepang berhasil membobol gawang Indonesia melalui tendangan jarak jauh Higashi Shunki yang bersarang di pojok kiri gawang.

Indonesia gagal mencetak gol penyeimbang hingga akhir babak pertama. Skor 1-0 untuk Jepang tetap bertahan.

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): M. Riyandi; Firza Andika, Rachmat Irianto, Indra Mustafa, Kadek Raditya; Asnawi Mangkualam, M. Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu; Saddil Ramdani, Hanis Saghara, Witan Sulaeman.

Timnas Jepang U-19 (4-4-2): Kosei Tani; Higashi Shunki, Kobayashi Yuki, Daiki Hashioka, Sukinari Sugawara; Saito Mitsuki, Hiroki Ito, Kanya Fujimoto, Hiroki Abe; Kubo Takefusa, Taiseu Miyasharo. (har/ptr)


BACA JUGA