Pelatih Thailand: Terima Kasih Suporter Timnas Indonesia U-19

CNN Indonesia | Senin, 29/10/2018 01:31 WIB
Pelatih Thailand: Terima Kasih Suporter Timnas Indonesia U-19 Suporter Timnas Indonesia U-19 dapat pujian dari pelatih Thailand. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Thailand U-19 Ithsara Sritharo mengucapkan terima kasih kepada puluhan ribu suporter Timnas Indonesia U-19 yang ikut mendukung mereka saat berhadapan dengan Qatar pada babak perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Minggu (28/10).

Laga Thailand kontra Qatar digelar sebelum laga Timnas Indonesia U-19 melawan Jepang digelar pukul 15.30 WIB. Di sisi lain, pada waktu yang sama suporter Garuda Nusantara sudah mulai masuk ke dalam stadion.

"Kami merasakan kehangatan suporter Indonesia dan saya mengucapkan terima kasih. Karena kita tetangga kita harus saling menjaga persahabatan kedua negara," kata Sritharo pada sesi konferensi pers usai laga.


Thailand kalah 3-7 dari Qatar dan gagal meraih tiket ke Piala Dunia U-20 di Polandia 2019 mendatang. Thailand menjadi satu dari dua negara asal Asia Tenggara yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-19 2018 selain Indonesia.

Timnas Thailand kalah 3-7 dari Qatar.Timnas Thailand kalah 3-7 dari Qatar. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Lolosnya Indonesia dan Thailand ke babak perempat fina Piala Asia U-19, kata Sritharo menjadi bukti perkembangan yang baik telah terjadi di sepak bola Asia Tenggara. Negara-negara ASEAN disebut sudah bisa kompetitif dan bersaing di kompetisi level Asia.

"Selamat buat Qatar. Sebenarnya kami punya peluang menyelesaikan pertandingan lewat 90 menit dengan kemenangan 3-2, tapi gagal. Di tambahan waktu, Qatar menang dalam hal stamina," terang Sritharo.

Qatar Minta Maaf

Sementara itu, pelatih Qatar Bruno Miguel Pinheiro meminta maaf jika selebrasi yang dilakukan para pemainnya menyinggung suporter Indonesia. Kemenangan atas Thailand memastikan Qatar tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Kami minta maaf jika suporter Indonesia menganggap selebrasi sebagai ejekan. Kami tidak ada maksud sama sekali untuk menyinggung suporter Indonesia. Kami hanya sangat sangat senang bisa ke Piala Dunia," ujar Pinheiro.
Qatar lolos ke semifinal Piala Asia U-19 2018.Qatar lolos ke semifinal Piala Asia U-19 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Kehadiran suporter Timnas Indonesia U-19 yang mendukung Thailand pada laga keduanya dianggap pelatih asal Portugal itu hal yang normal. Ia juga sudah mengira hal tersebut akan terjadi.

"Karena sebelumnya kami menang lawan Indonesia dan kami tahu suporter (Indonesia) tidak akan suka dengan kami. Kami di sini bukan untuk mencari ribut, kami di sini untuk bertanding dan melangkah sejauh yang kami bisa," ujar Pinheiro. (TTF/jun)


BACA JUGA