Alasan Todd Ferre Telat Dimainkan Lawan Jepang

CNN Indonesia | Senin, 29/10/2018 02:55 WIB
Alasan Todd Ferre Telat Dimainkan Lawan Jepang Timnas Indonesia U-19 menyerah 0-2 dari Jepang. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengungkapkan alasannya baru memasukkan Todd Rivaldo Ferre di pengujung laga melawan Jepang pada babak perempat final Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Minggu (28/10).

Todd Rivaldo masuk menggantikan Kadek Raditya Maheswara pada menit ke-73. Awalnya, Indra Sjafri mengaku ragu untuk memasukkan Tood dengan alasan kebugaran.

"Saya dilarang dokter memainkan Todd. Tapi saya perlu dia main 15-20 menit. Dia (suhu tubuhnya) panas dan harusnya tidak boleh main," kata Indra Sjafri usai pertandingan.


Indra Sjafri mengaku puas dengan permainan yang disuguhkan para pemainnya. Menurutnya, hampir semua pemain tampil sesuai instruksi di sepanjang laga.

"Saya tidak perlu ganti pemain kalau saya puas lihat (cara) mereka bermain," terang mantan pelatih Bali United itu.

Jepang lolos ke semifinal Piala Asia U-19 2018.Jepang lolos ke semifinal Piala Asia U-19 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Namun, pergantian pemain dari bek ke gelandang disebut Indra memiliki taktik yang jelas sesuai dengan kebutuhan tim untuk meningkatkan serangan lebih agresif usai tertinggal 0-2 dari Jepang.

"Kita butuh menyerang. Tapi kalau pergantian itu dilakukan dari awal mungkin bisa tidak tepat. Taktik bisa tepat bisa tidak tapi hasil (gol) yang menentukan," ujar Indra Sjafri.

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia hanya melakukan dua kali pergantian pemain. Selain Kadek yang digantikan Todd Rivaldo, Indra Sjafri juga mengganti Hanis Saghara Putra dengan Rafli Mursalim di babak kedua.

Kekalahan dari Jepang membuat Indonesia tersingkir dari Piala Asia U-19 sekaligus gagal mewujudkan mimpi untuk melaju ke Piala Dunia U-20 di Polandia 2019. (TTF/jun)