Ezra Walian Bantu RKC Waalwijk Kalahkan PSV di Piala Belanda

CNN Indonesia | Rabu, 31/10/2018 08:06 WIB
Ezra Walian Bantu RKC Waalwijk Kalahkan PSV di Piala Belanda Ezra Walian berseragam Timnas Indonesia dalam ajang SEA Games 2017. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang naturalisasi Ezra Walian turut berkontribusi ketika RKC Waalwijk mengalahkan PSV Eindhoven dalam laga babak kedua Piala Belanda atau KNVB Bekker di Stadion Philips, Eindhoven, Rabu (31/10) dini hari waktu Indonesia barat.

PSV yang merupakan pemimpin klasemen Eredivisie melaju ke babak kedua setelah menumbangkan Excelsior Massluis, sementara RKC menundukkan salah satu kesebelasan penghuni level tertinggi di Belanda, NAC Breda, dengan skor 2-0.

Usai mengalahkan wakil dari Eredivisie, RKC bertemu dengan PSV dalam laga tandang.


Tuan rumah unggul cepat ketika laga baru berjalan 24 detik. Anak asuh Mark van Bommel memimpin berkat gol Erick Gutierrez.

Skor 1-0 bertahan hingga menit ke-29. RKC menyamakan kedudukan setelah Ingo van Weert menyelesaikan peluang yang berawal dari tendangan bebas.

Ezra Walian ketika mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.Ezra Walian ketika mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Kedudukan imbang bertahan cukup lama. Baru pada menit ke-76 PSV mencetak gol melalui Mauro Junior.

Ezra baru tampil pada menit ke-81. Dari bangku cadangan, mantan pemain timnas Belanda U-17 itu menggantikan Jari Koenraad.

Pemain yang memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2017 itu memiliki andil dalam gol kedua RKC pada menit-menit akhir laga di waktu normal.

Ezra memenangkan duel udara menyambut umpan kiper Etienne Vaessen sehingga bola mengarah ke kotak penalti PSV dan disambut Darren Maatsen.

Gol Maatsen membuat laga berlanjut ke babak tambahan. Memasuki menit ke-109, Maatsen mencetak gol kedua dan membuat RKC berbalik unggul 3-2.

Kemenangan tipis membuat RKC menyudahi langkah sang juara liga Belanda musim lalu di ajang Piala Belanda. Belum diketahui lawan yang akan dihadapi RKC pada babak 16 besar karena pengundian baru dilaksanakan Sabtu (3/11). (nva/nva)