Persija Masih Upayakan Bek Timnas Indonesia Tak Dioperasi

CNN Indonesia | Rabu, 31/10/2018 10:55 WIB
Persija Masih Upayakan Bek Timnas Indonesia Tak Dioperasi Rezaldi Hehanusa tampil reguler di Persija Jakarta dan Timnas Indonesia sebelum mengalami permasalahan di tumit. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama Persija Jakarta Gede Widiade membenarkan upaya Macan Kemayoran untuk melakukan terapi guna menyembuhkan masalah yang dialami bek Timnas Indonesia, Rezaldi Hehanusa.

Sebelumnya Rezaldi yang akrab disapa Bule itu dikabarkan akan menjalani operasi pemotongan tulang tumbuh di bagian tumit kakinya. Namun, Gede menyebut tim dokter Persija masih meminta agar tidak dilakukan operasi.

"Bule [Rezaldi] sesuai dengan hasil diskusi dokter dengan saya, masih diupayakan untuk pakai terapi khusus. Kemarin, laporan dokter waktu diskusi bertiga sama Bule, kalau dioperasi Bule harus istirahat enam bulan, kan kasihan juga. Kalau terapi kemungkinan tidak terlalu lama dan Bule masih bisa berolahraga," kata Gede kepada CNNIndonesia.com, Rabu (31/10) pagi.


Salah satu terapi yang akan dilakukan adalah dengan mencocokkan struktur kaki Bule dengan sepatu yang cocok. Gede menjelaskan proses tersebut akan terus dievaluasi.

"Kalau kemarin saya tanya dokter tidak di operasi dulu, tapi terapi khusus nanti 1-2 bulan akan beri laporan ke saya. Kalau tidak ada perubahan tetap dioperasi," jelas Gede.

Rezaldi Hehanusa tampil terakhir sebelum absen dalam empat laga beruntun ketika menghadapi Persib Bandung.Rezaldi Hehanusa tampil terakhir sebelum absen dalam empat laga beruntun ketika menghadapi Persib Bandung. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Terkait risiko cedera kambuhan, Gede memastikan hal itu tidak akan terjadi. Bule juga dipastikan masih punya peluang besar untuk tetap tampil bersama Tim Macan Kemayoran dalam beberapa laga mendatang meski harus seizin tim dokter.

"Kita mau coba buktikan ke teman-teman yang lain, tanpa Rezaldi kan yang lain bisa bermain. Dia masih ada kemungkinan untuk main di musim ini," terangnya.

Rezaldi sebelumnya menjadi langganan Timnas Indonesia semasa dilatih Luis Milla. Namun pada laga uji coba melawan Hong Kong di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang 16 Oktober lalu, Rezaldi sudah tidak ikut lantaran permasalahan di tumit.

Pemain yang pernah terdaftar di SSB ASIOP, Villa 2000, dan Persitangsel Tangerang Selatan itu sudah absen membela Persija sejak 8 Oktober ketika menghadapi Perseru Serui.

Terapi Sepatu

Seperti yang dikatakan Gede, dokter Tim Persija Donny Kurniawan juga menjelaskan langkah yang diambil merupakan hasil dari kesepakatan bersama dan menjadikan langkah operasi sebagai jalan terakhir.

Donny mengakui mekanisme yang paling gampang untuk meredakan nyeri pada tumit Rezaldi adalah dengan mengganti jenis sepatu.

"Jadi ada kriteria-kriteria di bagian belakang sepatu yang tidak boleh ada penekanan untuk kakinya bule. Kita cukup sulit mencari jenis sepatu seperti ini. Tapi kita menyesuaikan. Intinya mencoba beberapa sepatu dan itu kita terus adaptasi. Misal kita coba satu sepatu dua minggu, lihat respons bule seperti apa. Jadi tidak ada satu kriteria sepatu yg pasti saat ini. Prinsipnya kita lakukan yg terbaik," ujar Donny.

Dokter yang sudah menangani pemain-pemain Persija sejak 2017 itu juga mengatakan Rezaldi sudah menemukan sepatu yang cocok namun proses percobaan masih terus berjalan hingga minimal 30 hari.

"Untuk waktu dekat saya gak bisa bilang [kapan Rezaldi bisa bermain], karena kita masih bicara kondisi fisik. Kita cukup lama kemarin mengistirahatkan bule, ada seminggu lebih tapi kalau liat cara bule latihan dan semangatnya dia saya rasa gak akan lama," jelasnya.

(TTF/nva)