Saddil Ramdani Diklaim Akan Angkat Performa Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 31/10/2018 14:42 WIB
Saddil Ramdani Diklaim Akan Angkat Performa Timnas Indonesia Saddil Ramdani dinilai Fachrudin Aryanto berpotensi besar di Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto, menyebut gelandang Persela Lamongan Saddil Ramdani bakal sangat membantu perjuangan skuat Merah Putih di Piala AFF 2018.

Saddil menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-19 yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti untuk Piala AFF 2018. Para pemain yang dipanggil akan menjalani pemusatan latihan di Cikarang pada Kamis (1/11).

"Saya lihat Saddil punya potensi besar karena di Liga 1 juga dia punya jam main yang cukup tinggi. Lalu di Timnas Indonesia U-19 jadi salah satu yang menonjol. Mungkin, saya rasa [Piala AFF ini] bagus untuk pengalaman dia di masa mendatang," kata Fachruddin kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (31/10).


Sebelumnya, Saddil membawa Timnas Indonesia U-19 lolos Grup A dalam Piala Asia U-19. Garuda Nusantara kemudian gugur di babak perempat final setelah kalah dari Timnas Jepang U-19 dengan skor 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu (28/10).

Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand di final Piala AFF 2016. (Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand di final Piala AFF 2016. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Lebih lanjut, Fachrudin merasa senang dan bersyukur masih dipercaya untuk memperkuat Timnas Indonesia.

"Persiapan kami mulai besok, kami fokus saja dari program-program apa yang mau diberikan oleh pelatih," katanya.

Timnas Indonesia berada dalam Grup B dalam Piala AFF 2018. Singapura bakal menjadi lawan pertama Fachrudin dan kawan-kawan di Stadion Nasional, Kallang, pada 9 November.

Selain Singapura, Timnas Indonesia juga akan melawan Thailand, Filipina, dan Timor Leste.

"Saya sudah lama tidak lihat [Singapura], terakhir pada 2016 itu kami ketemu. Timnya mungkin tidak jauh beda, banyak pemain naturalisasi. Akan tetapi kekuatan mereka sekarang kami pun belum tahu," ucap Fachruddin.

Tidak ada banyak perubahan nama skuat Timnas Indonesia untuk Piala AFF dari para pemain yang bermain dalam Asian Games 2018. Fachrudin menilai hal itu menguntungkan dalam hal adaptasi antaranggota tim.

"Hanya ada beberapa pemain saja yang baru masuk. Itu [adaptasi pemain] bagus untuk pelatih, karena mayoritas pemain dari Asian Games 2018 bahkan SEA Games 2017," ucapnya melanjutkan.

Mengenai target di Piala AFF, Fachrudin mengatakan fokus ke babak penyisihan Grup B terlebih dahulu. Setelah lolos, ia memikirkan tahap selanjutnya.

"Kami harus menunjukkan yang terbaik. Mohon doanya saja, kami sebagai pemain berjuang maksimal," ujar pemain Madura United ini.

"Semua ingin juara. Kalau suporter menginginkan itu, pemain juga demikian," ujarnya kembali. (map)