Tiga Winger Potensial yang Tersisih di Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 31/10/2018 17:21 WIB
Tiga Winger Potensial yang Tersisih di Timnas Indonesia Andik Vermansah salah satu pemain kunci Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketatnya persaingan di posisi winger skuat Timnas Indonesia harus memakan korban. Tiga pemain sayap potensial macam Andik Vermansah, Osvaldo Haay, dan Yabes Roni harus rela absen di Piala AFF 2018.

Sempat menjadi andalan di SEA Games 2017, Osvaldo dan Yabes tersisih di Asian Games 2018. Pelatih Indonesia kala itu, Luis Milla, lebih memilih Febri Hariyadi, Saddil Ramdani, Irfan Jaya, dan Ilham Udin Armaiyn.

Ilham dipersiapkan untuk berperan sebagai false nine, namun pada praktiknya pemain Selangor ini tak banyak mendapat kepercayaan seiring dengan penampilan cemerlang Beto Goncalves di lini depan dan Stefano Lilipaly sebagai pemain di belakang striker di Asian Games lalu.


Sektor sayap di skuat Garuda Muda memang jadi yang paling gemuk dalam beberapa tahun terakhir. Persaingan bertambah berat ketika pemain senior ikut dilibatkan.

Osvaldo Haay tersingkir di Asian Games dan Piala AFF 2018.Osvaldo Haay tersingkir di Asian Games dan Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Wonderkid Persib Bandung, Febri Hariyadi, tampaknya jadi salah satu pemain yang diandalkan di posisi ini. Saddil Ramdani yang masih berusia 19 tahun juga kerap menjadi langganan di Timnas Indonesia U-23.

Pelatih kepala Timnas Indonesia Bima Sakti yang melanjutkan pekerjaan Luis Milla, juga punya ketertarikan yang sama terhadap Febri dan Saddil. Alhasil, kedua pemain ini tetap terpilih di tim senior.

Irfan Jaya yang tampil cukup gemilang di Asian Games 2018 juga kembali terpilih dalam daftar 23 pemain Tim Merah Putih untuk Piala AFF 2018.

Semula Irfan dipanggil untuk menggantikan Yabes Roni yang mengalami cedera dalam pemusatan latihan jelang Asian Games lalu. Namun, hingga saat ini winger Persebaya Surabaya itu berhasil mencuri hati Bima Sakti.

Tiga Winger Potensial yang Tersisih di Timnas IndonesiaRiko Simanjuntak menyingkirkan Andik Vermansah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Terpilihnya Riko Simanjuntak menjadi kabar 'buruk' bagi Osvaldo dan Andik Vermansah. Sempat bersinar di SEA Games 2017, Osvaldo gagal bersaing di Asian Games dan Piala AFF 2018.

Andik Vermansah yang sempat menjadi bintang di Piala AFF 2016 pun harus rela memberikan tempat bagi pemain lain. Winger Kedah FA ini mendapat kesempatan bermain saat Indonesia ditahan imbang 1-1 Hong Kong pada laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, 16 Oktober 2018.

Tetapi, pelatih Bima Sakti akhirnya menjatuhkan pilihan terakhir kepada Riko Simanjuntak yang tampil gemilang bersama Persija Jakarta di Liga 1 2018. Tak hanya punya kecepatan, Riko juga memiliki kelebihan melakukan penetrasi ke kotak penalti serta punya kemampuan membantu pertahanan.

Bima Sakti tentu punya alasan khusus saat menentukan pilihan kepada Febri, Saddil, Irfan, dan Riko sebagai amunisi Skuat Garuda dari sisi sayap. Tapi, bukan berarti kesempatan Andik, Osvaldo, dan Yabes membela Timnas Indonesia sudah tertutup di ajang berikutnya. (jun)


BACA JUGA