Menang Dramatis, AC Milan ke Zona Liga Champions

CNN Indonesia | Kamis, 01/11/2018 04:26 WIB
Menang Dramatis, AC Milan ke Zona Liga Champions AC Milan meraih kemenangan lewat cara dramatis. (REUTERS/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia -- AC Milan berhasil masuk zona Liga Champions setelah menang dramatis 2-1 atas Genoa dalam laga Liga Italia di San Siro, Rabu (31/10).

Catatan tiga poin dari laga lawan Genoa membuat Milan mengoleksi 18 poin dan naik ke posisi keempat. Milan kini juga berjarak empat poin dari Inter Milan dan Lazio yang ada di atas mereka.

AC Milan berhasil unggul cepat 1-0 saat pertandingan baru berjalan empat menit. Suso mencatatkan namanya di papan skor. Setelah menerima bola dari Hakan Calhanoglu, Suso memutuskan melepaskan tembakan jarak jauh dengan kaki kiri. Bola meluncur deras tanpa bisa ditahan oleh kiper Genoa, Andrei Radu.


Di babak pertama, Milan punya sejumlah peluang untuk menggandakan keunggulan, namun Rossonerri harus puas dengan keunggulan 1-0.

Saat babak kedua memasuki menit ke-56, Milan justru dikejutkan oleh gol balasan Genoa. Gol balasan ini bermula dari kesalahan Tiemoue Bakayoko yang kehilangan bola di kotak penalti Milan.

Striker Genoa, Christian Kouame coba melepaskan tendangan dari sudut sempit. Bola yang mengenai Alessio Romagnoli justru meluncur ke arah tiang jauh tanpa bisa dijangkau oleh Gianluigi Donnarumma.

Setelah kedudukan 1-1, Milan berupaya meningkatkan serangan mereka demi mendapatkan gol kedua. Sejumlah peluang emas pun kemudian dihasilkan pasukan Milan.

Di menit ke-64, tendangan keras Higuain dari luar kotak penalti mampu ditepis oleh Radu. Lima menit kemudian, Franck Kessie melepaskan tembakan dari jarak dekat namun Radu kembali mampu menggagalkannya.

Hakan Calhanoglu juga sempat menghadirkan ancaman di menit ke-72 ketika ia mendapat bola umpan dari Suso. Tetapi tembakan Calhanoglu masih melenceng di sisi kiri gawang.

Radu terus jadi alasan Milan gagal menambah gol. Di menit ke-86, Mateo Musacchio yang membantu serangan melepaskan tembakan dari jarak cukup dekat. Tetapi Radu bisa membaca arah bola dengan baik dan menangkapnya.

Di masa injury time, Romagnoli akhirnya menebus kesalahan. Berawal dari umpan jauh yang dilepaskan Ignazio Abate ke kotak penalti. Bola liar kemudian bergulir ke arah Romagnoli yang berdiri di luar kotak penalti.

Romagnoli melepaskan tendangan voli yang membuat bola meluncur ke gawang yang kosong lantaran sebelumnya Radu maju untuk meninju bola. Skor 2-1 untuk Milan bertahan hingga akhir laga.


Susunan Pemain

AC Milan (4-4-2)

Gianluigi Donnarumma; Diego Laxalt, Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Suso, Franck Kessie, Tiemoue Bakayoko, Hakan Calhanoglu; Gonzalo Higuain, Patrick Cutrone

Genoa (3-5-2)

Andrei Radu; Davide Biraschi, Koray Gunter, Domenico Criscito; Darko Lazovic, Romulo, Luca Mazzitelli, Daniel Bessa, Ervin Zukanovic; Christian Kouame, Krzysztof Piatek (ptr)