PSSI Tolak Surat SFC, Beto Tetap Gabung Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 01/11/2018 14:38 WIB
PSSI Tolak Surat SFC, Beto Tetap Gabung Timnas Indonesia Beto Goncalves tetap gabung ke Timnas Indonesia tepat waktu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang naturalisasi Beto Goncalves tetap bergabung dengan Timnas Indonesia sesuai jadwal, yaitu pada Kamis (1/11) guna memulai persiapan akhir jelang Piala AFF 2018.

Sebelumnya Beto dan Zulfiandi diminta Sriwijaya FC untuk tiba belakangan di Timnas Indonesia karena harus lebih dulu tampil bersama Laskar Wong Kito melawan Persela Lamongan, Jumat (2/11), di Liga 1 2018.

Akan tetapi, kepada CNNIndonesia.com Beto mengatakan penangguhan itu tidak terjadi. Pasalnya, surat permohonan penangguhan dari Siriwjaya FC itu ditolak PSSI.


"Saya sudah di Surabaya sekarang saya siap untuk main [lawan Persela]. Tapi karena suratnya [Sriwijaya FC] ditolak, saya ingin langsung ke Jakarta. Kalau ada surat lagi dari PSSI yang memperbolehkan saya ke Timnas Indonesia, saya balik lagi ke Sriwijaya FC. Saya ikut saja apa yang mereka mau. Saya terima segala sesuatunya," ujar Beto.

"Kita harus ikuti aturan, kita tidak boleh menabrak aturan di PSSI. Waktu lawan Bhayangkara FC mereka [manajemen Sriwijaya FC] juga ingin saya bermain. Tapi PSSI bilang kalau saya main lawan Bhayangkara FC, Sriwijaya FC kena sanksi, saya bisa dicoret dari Timnas Indonesia. Jadi banyak hal yang negatif untuk Sriwijaya FC, untuk saya, untuk Timnas Indonesia juga," Beto menambahkan.

Beto juga mengaku ditanya banyak pihak mengenai rumor dirinya dan Zulfiandi terlambat gabung dengan skuat arahan Bima Sakti. Tidak saja dari media maupun suporter, para pemain dari klub lain serta pemain di Timnas Indonesia juga ikut mempertanyakannya.

Beto Goncalves diharapkan bisa menjauhkan Sriwijaya FC dari degradasi.Beto Goncalves diharapkan bisa menjauhkan Sriwijaya FC dari degradasi. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
"Tapi saya tetap harus jawab ini. Saya tahu, saya milik Sriwijaya FC, tapi mereka harus berpikir juga bahwa pemain-pemain lain lain [di Sriwijaya] juga penting," kata Beto.

Mantan pemain Persipura Jayapura ini yakin pemain lain bisa berbuat sesuatu untuk Laskar Wong Kito di saat dirinya gabung dengan Timnas Indonesia. Beto percaya pemain lain di Sriwijaya FC bisa berbuat sesuatu untuk tim jika memiliki semangat yang kuat.

Sebelumnya Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri Faisal Mursyid meminta kepada PSSI agar Beto dan Zulfiandi ditangguhkan untuk gabung Timnas Indonesia. Klub asal Palembang, Sumatra Selatan itu membutuhkan tenaga keduanya untuk memenangi laga melawan Persela dan membuka peluang menjauh dari zona degradasi.

Dalam lima pertandingan terakhir di Liga 1, Sriwijaya FC meraih dua kemenangan dan menelan tiga kekalahan beruntun: Takluk 0-2 dari Bhayangkara FC, 0-3 dari PSMS, dan 0-1 dari PSIS. Tetapi pada laga terakhir Sriwijaya FC menang 4-0 atas Perseru Serui yang dianggap Beto tim asuhan Angel Alfredo Vera itu sudah mengalami perubahan performa.

"[Kekalahan itu] berarti bukan karena saya. Ini soal tim. Kalau sekarang tim sudah berubah, kerja yang bagus jadi kita butuh pemain semua bukan saya saja. Kita pemain punya kualitas, tapi pemain lain kurang motivasi. Saya percaya dengan tim Sriwijaya sekarang. Meskipun saya tidak ada, mereka pasti bisa," jelas Beto. (TTF/sry)