Cristiano Ronaldo Pecahkan 4 Rekor di 2018

CNN Indonesia | Jumat, 02/11/2018 18:32 WIB
Cristiano Ronaldo Pecahkan 4 Rekor di 2018 Ronaldo pecahkan empat rekor di tahun 2018. (REUTERS/Massimo Pinca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang Juventus Cristiano Ronaldo tercatat memecahkan empat rekor dunia selama 2018. Selain bersama klub sebelumnya, Real Madrid, rekor yang dipatahkan Ronaldo itu juga terjadi di timnas Portugal.

Cristiano Ronaldo sempat mengalami kesulitan pada awal musim 2017/2018. Tetapi di awal tahun 2018, pemain berjuluk CR7 mulai menemukan performa terbaiknya. Sebanyak 22 gol dicetak Ronaldo di La Liga dan 6 gol di Liga Champions pada 2018.

Prestasi terbaik Ronaldo pada tahun ini membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions ke-13 atau yang ketiga secara beruntun usai mengalahkan Liverpool 3-1. Sayang, prestasi Ronaldo di klub tidak berlanjut di timnas usai Portugal disingkirkan Uruguay 1-2 di babak 16 besar Piala Dunia 2018.


Berikut empat rekor yang dipecahkan Cristiano Ronalso sepanjang 2018 menurut Sportskeeda:

1. Mencetak Gol di 9 Turnamen Internasional Beruntun

Timnas Portugal gagal 'mengawinkan' trofi Piala Dunia dengan Piala Eropa [2016], tetapi Ronaldo sukses mencatatkan rekor baru di level internasional di Piala Dunia 2018. Hattrick yang dibuat Ronaldo ke gawang Spanyol pada laga pertama membuat pemain 33 tahun itu menjadi yang pertama dalam mencetak gol di sembilan turnamen secara beruntun.

Golnya ke gawang Spanyol membuat Ronaldo mencetak gol di sembilan turnamen internasional secara beruntun.Golnya ke gawang Spanyol membuat Ronaldo mencetak gol di sembilan turnamen internasional secara beruntun. (REUTERS/Hannah McKay)
Ronaldo mencetak gol berturut-turut di Piala Eropa 2004, Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2012, Piala Dunia 2014, Piala Dunia 2016, Piala Konfederasi 2017, dan Piala Dunia 2018. Mantan pemain Manchester United itu pun diprediksi bisa melanjutkan rekornya tersebut dengan mencetak gol hingga 11 turnamen beruntun.

2. Pesepakbola Termahal di Usia 30 Tahun atau Lebih

Cristiano Ronaldo membuat kejutan dengan pergi dari Madrid dan bergabung ke Juventus. Dengan banderol mencapai £105 juta (sekitar Rp2 triliun) di Juventus, Ronaldo mencetak rekor sebagai pemain termahal di atas usia 30 tahun.

Keputusan Ronaldo pindah ke Italia membuktikan dirinya masih berada dalam puncak karier. Tetapi nilai jual itu bisa lebih besar jika CR7 memilih pindah ke Liga Super China.

Pindah ke Juventus membuat Ronaldo jadi pemain termahal dunia dengan usia 30 ke atas.Pindah ke Juventus membuat Ronaldo jadi pemain termahal dunia dengan usia 30 ke atas. (REUTERS/Massimo Pinca)
3. Pecahkan Rekor Gol di Eropa

Gol ke gawang Maroko di Piala Dunia 2018 membuat Ronaldo melewati rekor Ferenc Puskas (Hungaria). Kini Ronaldo sudah mengemas 85 gol untuk timnas Portugal, sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak di level timnas di Eropa.

Untuk memecahkan rekor gol dunia di timnas, Ronaldo membutuhkan 25 gol lagi untuk bisa melampaui catatan milik Ali Daei bersama timnas Iran. Ali Daei mencetak 109 gol untuk Iran sepanjang kariernya.

Ronaldo jadi pemain yang memenagi lima gelar di era Liga Champions.Ronaldo jadi pemain yang memenagi lima gelar di era Liga Champions. (REUTERS/Hannah McKay)
4. Memenangi Lima Liga Champions

Gelar Liga Champions ke-13 madrid yang diraih pada 2018 lalu merupakan yang kelima untuk Cristiano Ronaldo. Sebanyak empat trofi 'Si Kuping Besar' diraih CR7 bersama Los Blancos, sedang satu lainnya saat di Man United.

Torehan Ronaldo itu menyamai catatan milik Alessandro Costacurta, Paolo Maldini, Hector Rial, Juan Alonso, hingga Alfredo Di Stefano. Hanya saja, pencapaian pemain-pemain itu termasuk saat Liga Champions masih bernama Piala Champions. Sementara di era Liga Champions, Ronaldo merupakan satu-satunya pemain yang sukses meraih lima gelar tersebut. (sry/ptr)