Danurwindo Sempat Kolaps Saat Dampingi Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Sabtu, 03/11/2018 22:51 WIB
Danurwindo Sempat Kolaps Saat Dampingi Timnas Indonesia Direktur Teknik PSSI Danurwindo sempat mengalami kolaps meski tetap sadar saat mendampingi Timnas Indonesia latihan. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Teknik PSSI Danurwindo sempat mengalami kolaps meski tetap sadar saat mendampingi Timnas Indonesia latihan persiapan jelang tampil di Piala AFF 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (3/11).

Usai latihan, seluruh pemain Timnas Indonesia beserta tim pelatih dan ofisial mengambil foto bersama di sisi pinggir lapangan. Tiba-tiba Danurwindo yang menggunakan topi berwarna hitam terjatuh.

Awak media yang mencoba mendekati Danurwindo untuk mengetahui kondisi pastinya diminta pemain untuk tidak mendekat.


Danurwindo langsung ditangani Dokter Timnas Indonesia Syarif Alwi yang juga ikut berada di lokasi. Tak berselang lama, Danurwindo sempat kembali bangun sambil digotong ofisial dibantu pemain sebelum akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Hosana Media, Cikarang.

Timnas Indonesia menjalani latihan untuk persiapan Piala AFF 2018 sejak Jumat (2/11). (Timnas Indonesia menjalani latihan untuk persiapan Piala AFF 2018 sejak Jumat (2/11). (Foto: CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Saya minta doa kepada teman-teman untuk kesehatan beliau. Memang beberapa hari lalu kondisi beliau sudah mulai drop. Tapi semangat beliau yang luar biasa, kemarin (Jumat 2/11) sore dia datang," kata Asisten Pelatih Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto usai latihan.

Tim pelatih, lanjut Kurniawan, sempat menyarankan Danurwindo untuk beristirahat. Namun, semangat dan keinginannya untuk sepak bola yang sangat luar biasa membuat mantan pemain Timnas Indonesia di akhir tahun 70-an itu tetap memaksa datang ke lapangan.

"Sempat tidak sadar gitu tapi di bawa ke rumah sakit. Mohon doanya saja ya," ungkap Kurniawan.

Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti menambahkan, sejak Timnas Indonesia melakoni laga uji coba terakhir melawan Hong Kong di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang pada 16 Oktober lalu, kondisi Danurwindo memang sudah kurang fit. Namun, ia tetap memaksa untuk datang memantau latihan pemain jelang tampil di Piala AFF 2018.

Bima Sakti bersama asisten pelatih Kurniawan Dwi Yulianto dan Edy Syahputra, pelatih kiper Kurnia Sandy serta pelatih fisik Kartono Pramdan juga sudah menjenguk langsung Danurwindo di rumah sakit. Sebelumnya Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria juga sudah lebih dulu datang.

Menurut Tisha, Danurwindo hanya butuh istirahat total selama dua sampai tiga hari. Sebab itu, pilihan terbaik buat Danurwindo adalah dirawat meski dokter juga mengizinkan jika harus pulang karena tidak sakit.

"Saya bersalah sepertinya menugaskan beliau kemana-kemana, PSSI kursus dan sosialisasi filanesia sudah hampir 200 kali tahun ini, termasuk kita bolak balik ke luar negeri beberapa kali dengan DFB, FIFA conference dan lainnya," ujar Tisha. (TTF/bac)