Bima: Rezeki Andik Gabung Timnas Indonesia untuk Piala AFF

CNN Indonesia | Minggu, 04/11/2018 19:51 WIB
Bima: Rezeki Andik Gabung Timnas Indonesia untuk Piala AFF Andik Vermansah menjadi salah satu pemain yang akan tampil di Piala AFF 2018. (AFP PHOTO / TED ALJIBE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti menganggap Andik Vermansah memiliki rezeki tampil di Piala AFF 2018 meski telat mendapat panggilan.

Berbeda dengan pemain Tim Merah Putih lain, Andik menjadi satu-satunya pemain yang datang belakangan menyusul rekan-rekannya berlatih jelang Piala AFF 2018.

Pemain yang berpengalaman merumput di liga sepak bola Malaysia itu tidak mengikuti latihan hari pertama yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Jumat (2/11).


Kehadiran Andik di Timnas Indonesia disambut harapan oleh Bima.

"Mungkin ini rezekinya Andik. Semoga dia dapat membawa aura positif di tim karena bagaimanapun dia berpengalaman di Piala AFF, setelah tampil pada edisi tahun 2016 bersama Andritany Ardhiyasa, Stefano Lilipaly, Hansamu Yama, Evan Dimas, dan Fachruddin Aryanto," ujar Bima seperti dikutip Antara.

Selain tampil pada Piala AFF 2016, Andik juga pernah membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2012.

Andik Vermansah membela Timnas Indonesia menghadapi Singapura di Piala AFF 2016.Andik Vermansah membela Timnas Indonesia menghadapi Singapura di Piala AFF 2016. (Dok. PSSI)
Waktu kehadiran Andik di Timnas Indonesia berdekatan dengan ketidakhadiran Saddil Ramdani yang sedang menjalani proses hukum terkait dengan kasus dugaan penganiayaan di Lamongan.

Bima sendiri memberi waktu bagi Saddil Ramdani untuk beristirahat setelah membela skuat Garuda di berbagai kejuaraan. Namun Bima tidak menyebutkan secara jelas alasan mengistirahatkan Persela Lamongan itu.

"Dia sudah tampil di banyak pertandingan seperti di Asian Games 2018 dan Piala U-19 Asia lalu," ujar Bima.

Saddil memang menjadi salah satu pemain yang selalu tampil membela Timnas Indonesia dalam kurun dua tahun terakhir. Sebelum berlaga di Asian Games dan Piala Asia U-19, pemain sayap itu juga tampil di SEA Games 2017 dan Piala AFF U-19 2018

Kendati tidak mengaitkan kasus dugaan penganiayaan yang sedang membelit Saddil, Bima berharap situasi yang sedang dihadapi Saddil dapat menjadi pelajaran bagi semua pesepakbola.

"Itu menjadi pelajaran bagi seluruh pemain, terutama pemain muda. Mereka harus menjaga sikap di dalam maupun di luar lapangan," kata mantan gelandang Timnas Indonesia itu. (nva/nva)