Bima Sakti Minta Maaf Tanpa Pemain Papua di Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Minggu, 04/11/2018 22:05 WIB
Bima Sakti Minta Maaf Tanpa Pemain Papua di Timnas Indonesia Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2018 tanpa pemain asal Papua. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti meminta maaf tidak melibatkan pemain asal Papua di skuat Garuda proyeksi Piala AFF 2018. Kebijakan ini diambil sesuai dengan kebutuhan tim yang ditarget juara.

Dari 23 pemain timnas untuk Piala AFF 2018, tidak ada satu pun yang berasal dari Papua. Pada edisi terakhir, Tim Merah Putih masih diperkuat penyerang Boaz Solossa dan bek Yanto Basna.

"Mohon maaf kali ini tidak ada pemain Papua di tim nasional. Tidak ada tujuan lain dari keputusan itu selain demi tim," ujar Bima usai menghadiri acara Tur Trofi Piala AFF 2018 seperti dikutip Antara, Jakarta, Minggu (4/11).


Bima mengaku sempat melirik potensi pemain muda potensial asal Papua yang kini berlaga untuk Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre.

Todd Rivaldo Ferre sempat dilirik Bima Sakti.Todd Rivaldo Ferre sempat dilirik Bima Sakti. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Todd, lanjut Bima, memiliki kemampuan yang pantas untuk memperkuat timnas senior. Bahkan Bima Sakti yang kali pertama memanggil Todd ke timnas U-19 saat dirinya masih melatih skuat berjuluk Garuda Nusantara tersebut.

Namun, untuk berlaga di level senior, Todd dianggap masih terlalu muda. "Dia butuh waktu dan proses untuk mencapai tim senior karena usianya baru 19 tahun. Saya ingin menjaga kariernya," tutur Bima.

Bima sakti tengah mematangkan Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan di Cikarang jelang tampil di turnamen antarnegara Asia Tenggara yang akan berlangsung pada 8 November-15 Desember 2018.

Pada edisi kali ini, Stefano Lilipaly dan kawan-kawan tergabung di Grup B bersama Thailand, Singapura, Filipina, dan Timor Leste. Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura pada laga perdana di Stadion Nasional, Jumat (9/11).

Pasukan Garuda ditargetkan untuk menghapuskan label tim 'spesialis runner-up' dengan membawa pulang gelar juara di Piala AFF 2018. (jun/jun)