Peluang Juara PSM, Persib, dan Persija di Liga 1 2018

CNN Indonesia | Rabu, 07/11/2018 13:05 WIB
Peluang Juara PSM, Persib, dan Persija di Liga 1 2018 PSM Makassar akan bertemu lawan berat dalam sisa laga Liga 1 2018. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/hp/18)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang pekan-pekan akhir Liga 1 2018, PSM Makassar, Persib Bandung, dan Persija Jakarta menjadi kandidat kuat lantaran menempati peringkat tiga besar di klasemen dengan jarak yang cukup berdekatan.

PSM untuk sementara memimpin klasemen Liga 1 2018. Anak asuh Robert Rene Albert meraih 15 kemenangan, delapan hasil seri, dan enam kali kalah. Dengan 53 poin, Juku Eja unggul empat poin atas Persib Bandung dan lima poin atas Persija Jakarta.

PSM dan Persib sama-sama menyisakan lima laga lagi, sementara Persija mendapat tabungan pertandingan lantaran penundaan laga menghadapi Persela Lamongan yang seharusnya berlangsung pada 19 Oktober.


PSM Makassar

Memimpin klasemen sementara, Zulkifli Syukur dan kawan-kawan berada di atas angin untuk meraih gelar juara liga Indonesia untuk kali pertama sejak 28 tahun silam.

PSM akan bertemu dengan kesebelasan-kesebelasan yang tergolong berat dalam sisa laga di Liga 1 2018. Akhir pekan ini mereka akan dijamu Persebaya Surabaya dan berlanjut dengan dua laga kandang menghadapi tim papan atas Persija dan Bali United.

PSM Makassar berpeluang menjadi juara liga sepak bola Indonesia untuk kali pertama sejak musim 1999/2000.PSM Makassar berpeluang menjadi juara liga sepak bola Indonesia untuk kali pertama sejak musim 1999/2000. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Setelah itu, jadwal berat masih menanti Laskar Ramang yang akan bertemu juara bertahan Bhayangkara FC pada pekan pertama Desember 2018. Laga melawan PSMS Medan akan menutup rangkaian pertandingan PSM musim ini.

Jika berhasil meraih kemenangan dalam lima laga terakhir, PSM akan mengantongi 68 poin. Namun PSM cukup meraih 67 poin untuk memastikan gelar, karena poin maksimal Persija hanya akan mencapai 66 dan poin maksimal Persib adalah 64.

PSM pun bisa menjadi juara dengan 66 poin dengan catatan meraih kemenangan dalam laga kontra Persija pada 16 November mendatang.

Persib Bandung

Persib memiliki kans menjadi juara hingga beberapa pekan lalu sebelum Maung Bandung mengalami rentetan negatif dalam lima laga di bulan Oktober.

Dibanding dua pesaingnya, Persib memiliki laga sisa yang tergolong cukup mudah karena tidak akan bertemu kesebelasan-kesebelasan papan atas. Namun Mario Gomez dan anak asuhnya tidak akan mendapat dukungan dari suporter setia lantaran hukuman yang didapat setelah insiden di luar lapangan ketika menjamu Persija.

Persib dan Persija saling mengalahkan dalam dua laga di Liga 1 2018.Persib dan Persija saling mengalahkan dalam dua laga di Liga 1 2018. (AFP PHOTO / TIMUR MATAHARI)
Juru kunci PSMS akan menjadi lawan pertama dari lima laga sisa Persib. Menyusul kemudian secara beruntun akan berhadapan dengan PSIS Semarang, Perseru Serui, Persela, dan Barito Putera.

Tidak menghadapi klub papan atas bukan berarti Persib tidak akan menghadapi laga yang sengit lantaran klub yang akan dihadapi pada empat laga terakhir sedang berjuang menghindari zona degradasi.

Persija Jakarta

Memiliki enam laga sisa menjadi keuntungan sekaligus harus diwaspadai tim ibu kota. Pertandingan yang ditunda melawan Persela akan diselenggarakan Selasa (20/11), di tengah pekan setelah Macan Kemayoran bertamu ke Makassar dan sebelum bersiap menjamu Sriwijaya FC.

Sebelum menjalani pekan padat, Persija akan menjamu tim papan bawah PS TIRA pada akhir pekan.

Pada awal Desember, Persija kembali bertemu dengan penghuni papan atas Bali United dan mengakhiri petualangan Liga 1 dengan laga kandang menjamu Mitra Kukar. (nva)