Fan Malaysia Kesal Jersey Harimau Malaya 'Made in Indonesia'

CNN Indonesia | Kamis, 08/11/2018 16:38 WIB
Fan Malaysia Kesal Jersey Harimau Malaya 'Made in Indonesia' Ilustrasi Timnas Malaysia. (AFP PHOTO / TED ALJIBE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah euforia menyambut Piala AFF 2018, para netizen yang merupakan fan Timnas Malaysia kesal dengan jersey tim mereka ternyata buatan negara asal Timnas Indonesia.

Demam Piala AFF tengah berlangsung di Asia Tenggara yang dimulai sejak 8 November sampai 15 Desember 2018. Banyak cara yang dilakukan fan untuk memberikan dukungan, salah satunya dengan mengenakan kaus timnas kebanggaan masing-masing negara.

Jersey timnas menjadi salah satu atribut wajib yang dimiliki fans untuk mendukung langsung tim mereka di lapangan. Seragam tim menjadi identitas resmi kelompok suporter di tribune stadion saat pertandingan.


Namun, ada hal menggelitik yang diunggah salah satu fan Malaysia yang disebarkan melalui akun media sosial Instagram @malaysiatiger.my. Seragam tim nasional kebanggaan mereka rupanya diketahui buatan dari Indonesia.

Para fan Timnas Malaysia saat di sekitaran Stadion Shah Alam. (Para fan Timnas Malaysia saat di sekitaran Stadion Shah Alam. (Foto: CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H.)
Dilansir Fox Sports Asia, jersey berwarna kuning bergaris hitam sebagai jersey kandang Harimau Malaya itu terpampang jelas tulisan 'Made in Indonesia'. Begitu juga di jersey tandang berwarna biru dengan campuran warna merah di bagian kedua lengannya.

Hal itu membuat suporter Malaysia kesal. Suporter menyebut enggan untuk membeli jersey tersebut karena dibuat di Indonesia yang merupakan musuh bebuyutan mereka.

"Hilang mood nak beli [Hilang suasana hati untuk membeli]," tulis akun @malayantiger.my pada tulisan untuk foto yang memperlihatkan tulisan 'Made in Indonesia' di kaus Timnas Malaysia yang diikuti dengan olok-olok dari fans lainnya.

Sebaliknya, sejumlah netizen Indonesia justru melontarkan ejekan kepada para netizen Malaysia kaus tim kebanggaan mereka justru buatan Indonesia yang notabene rival berat.

Di Piala AFF 2018, Malaysia dan Timnas Indonesia berada di grup yang berbeda. Malaysia berada di Grup A bersama dengan Vietnam, Myanmar, Kamboja dan Laos, sedangkan Indonesia tergabung di Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura dan Timor Leste.

Timnas Indonesia dan Malaysia bisa bertemu di fase gugur jika keduanya lolos dari masing-masing grup. Pertemuan klasik keduanya dipastikan bakal membawa atmosfer yang berbeda di gelaran Piala AFF 2018.

Malaysia bakal berhadapan dengan Kamboja pada pertandingan pertama mereka di fase Grup A di Stadion Phnom Penh, Kamboja, Kamis (8/11). Sementara Timnas Indonesia baru akan melakoni laga perdana Grup A melawan Singapura di Stadion Nasional, Kallang, Jumat (9/11). (TTF/nva)