Rapor Pertandingan Perdana Timnas Indonesia di Piala AFF

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 16:52 WIB
Rapor Pertandingan Perdana Timnas Indonesia di Piala AFF Timnas Indonesia memiliki persentase kemenangan yang cukup baik dalam laga pembuka Piala AFF. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia memiliki rekor cukup baik pada penampilan pembuka di sepanjang gelaran Piala AFF. Dari 11 penampilan di laga perdana, skuat Garuda sudah mengantongi tujuh kemenangan, tiga kali seri dan baru sekali kalah.

Pada penampilan perdana di ajang Piala Tiger 1996, Fakhri Husaini dan kawan-kawan mengawali perjuangan di babak penyisihan Grup A dengan sangat baik. Timnas Indonesia meraih kemenangan telak 5-1 saat jumpa Laos di Stadion Jurong pada 2 September 1996.
Begitu juga pada Piala Tiger 1998. Tampil di Stadion Thong Nhat, Vietnam, Timnas Indonesia juga menandai start dengan kemenangan 3-0 atas Filipina. Kemenangan itu tambah berarti mengingat digelar tepat di hari ulang tahun kemerdakaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1998.

Kemenangan di laga pertama juga diraih pada tahun 2000. Timnas Indonesia juga mencatatkan hasil gemilang pada aksi pertamanya melawan Filipina usai menang 3-0 di 700th Anniversary Stadion, Chiang Mai.

Kurniawan Dwi Yulianto menjadi pencetak gol terbanyak Indonesia di Piala AFF.Kurniawan Dwi Yulianto menjadi pencetak gol terbanyak Indonesia di Piala AFF. (REUTERS)
Timnas Indonesia diimbangi Myanmar tanpa gol pada laga pertama Grup A Piala Tiger 2002 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, 15 Desember 2002. Itu jadi hasil imbang perdana Skuat Garuda di pertandingan pertama di ajang Piala AFF dari empat gelaran sebelumnya.


Pada edisi Piala AFF 2004, Timnas Indonesia yang kala itu diperkuat Boaz Solossa, Kurniawan Dwi Yulianto, Elie Eiboy serta Ilham Jaya Kesuma di lini serang berhasil membantai Laos 6-0 di Stadion Thong Nhat. Saat itu, Boaz dan Ilham mencetak masing-masing dua gol ditambah masing-masing satu gol dari Elie Eiboy dan Kurniawan.

Piala AFF kembali digelar pada 2007. Timnas Indonesia juga kembali mengawali laga perdananya dengan kemenangan 3-1 atas Laos pada laga yang digelar di Stadion Nasional, Kallang, Singapura.

Pada Piala AFF 2008, Indonesia membuka laga dengan kemenangan 3-0 atas Myanmar saat tampil di hadapan publik Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, 5 Desember.

Irfan Bachdim mencetak gol ke gawang Malaysia ketika menjalani debut di Piala AFF 2010.Irfan Bachdim mencetak gol ke gawang Malaysia ketika menjalani debut di Piala AFF. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Salah satu kemenangan besar dan sensasional Timnas Indonesia di laga perdana Piala AFF terjadi pada edisi 2010. Kala itu, Irfan Bachdim cs berhasil melumpuhkan musuh bebuyutan Timnas Indonesia, yakni Malaysia dengan skor 5-1 di SUGBK.

Sayang, Timnas Indonesia tidak mampu mempertahankan tren kemenangan di laga perdana Piala AFF di dua edisi secara berturut-turut, yakni pada edisi 2012 dan 2014. Pada Piala AFF 2012, Garuda meraih hasil imbang 2-2 dengan Laos dan kembali imbang 2-2 dengan Vietnam dua tahun berikutnya.

Sedangkan pada edisi terakhir Piala AFF 2016, Timnas Indonesia untuk pertama kalinya meraih kekalahan di laga perdana saat menghadapi Thailand di Philippine Sports Stadion usai kalah 2-4.

Kini, pada Piala AFF 2018 Indonesia bakal berhadapan dengan Singapura di laga perdana babak penyisihan Grup B. Pertemuan kedua tim bakal digelar di Stadion Nasional, Kallang, Jumat (9/11). (TTF)