Striker Timnas Indonesia Pemain Tertua di Piala AFF 2018

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 18:00 WIB
Striker Timnas Indonesia Pemain Tertua di Piala AFF 2018 Beto Goncalves (kanan) tampil di Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang Timnas Indonesia Alberto 'Beto' Goncalves tercatat sebagai pemain paling tua yang tampil di Piala AFF 2018.

Striker Sriwijaya FC itu akan berusia 38 pada 31 Desember mendatang.  Dalam hari pertama penyelenggaraan Piala AFF, usia Beto adalah 37 tahun 10 bulan 8 hari. Usia itu sedikit lebih tua dibanding Paul Mulders, pemain tertua di timnas Filipina yang saat ini berusia 37 tahun 9 bulan 23 hari.

Rata-rata pemain tertua di tim lain berada di usia yang tak lebih dari 34 tahun. Seperti Nguyen Anh Duc dari Vietnam yang usianya masih 33 tahun, atau Kouch Sokumpheak yang berusia 31 tahun namun menjadi pemain tertua di skuat timnas Kamboja.


Myanmar memiliki Win Min Htut, bek yang sudah bergabung bersama timnas Myanmar sejak 2009 menjadi pemain paling tua di skuatnya di usia 32 tahun. Pemain kembar asal Malaysia, Aidil Zafuan Radzak dan Zaquan Adha Radzak, menjadi pemain tertua di skuat Harimau Malaya di usianya yang 31 tahun pada 3 Agustus lalu.

Beto Goncalves jadi andalan baru di lini serang Timnas Indonesia.Beto Goncalves jadi andalan baru di lini serang Timnas Indonesia. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Singapura yang menjadi lawan pertama Timnas Indonesia pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 memiliki tiga pemain berusia 34 tahun yakni bek Baihakki Khaizan, penyerang Shahril Ishak, dan penjaga gawang Hassan Sunny.

Begitu juga dengan Thailand yang masih mengandalkan kiper senior Siwarak Tedungnoen (34) untuk menjadi bagian dari tim Gajah Perang kali ini.

Sementara Timor Leste lebih mengandalkan pemain muda mereka untuk tampil di Piala AFF 2018. Meski masih 26 tahun, striker Timor Leste Romanos Cristovao Savio menjadi pemain tertua di timnya. Kapten timnas Laos, Thothilath Sibounhuang, juga menjadi yang tertua di tim meski usianya masih 28 tahun.

Di sisi lain Gumario Augusto Fernandes da Silva Moreira yang berposisi sebagai bek di Timor Leste menjadi pemain paling muda yang ambil bagian di Piala AFF 2018. Saat ini, usia Gumairo masih 17 tahun 22 hari. (TTF/nva)