Kevin/Marcus ke Final Fuzhou China Terbuka 2018

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 10/11/2018 18:56 WIB
Kevin/Marcus ke Final Fuzhou China Terbuka 2018 Kevin/Marcus ke final Fuzhou China Terbuka 2018. (Dok. Humas PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melaju ke final Fuzhou China Terbuka 2018 usai menang 17-21, 21-18, 21-14 atas pasangan China Liu Cheng/Zhang Nan di babak semifinal di Haixia Olympic Sports Center, Sabtu (10/11).

Di awal-awal permainan Kevin/Marcus langsung tampil menyerang. Pasangan pemilik peringkat satu dunia ini mengombinasikan permainan smes dengan dropshot, sementara Liu/Zhang memilih bertahan.

Perolehan poin pada awal permainan ini berlangsung ketat. Kevin/Marcus sempat unggul 1-0 dan 2-1 lebih dulu, tetapi Liu/Zhang bisa menyamakan kedudukan serta berbalik unggul menjadi 4-3.


Tetapi, konsistensi permainan menyerang yang diperagakan Kevin/Marcus membuat pasangan yang memiliki julukan The Minions itu kembali unggul dengan skor 8-6. Sesekali Kevin/Marcus juga melakukan kesalahan dengan pengembalian bola yang terlalu kencang sehingga keluar lapangan.

Saat skor imbang 9-9, Marcus Gideon sempat mengganti raket. Tetapi akibat pergantian itu Kevin tidak bisa menandingi permainan lawan sehingga Liu/Zhang kembali unggul menjadi 10-9. Kendati demikian, Kevin/Marcus bisa bangkit dan menutup interval gim pertama dengan keunggulan 11-10.

Hanya saja kontrol permainan yang bagus ditampilkan Liu/Zhang di sisa laga gim pertama. Permainan dropshot dan smes pasangan peringkat keenam dunia itu pun menutup gim pertama dengan kemenangan 21-17.
Total Kevin/Marcus sudah memenangi lima pertemuan atas Liu/Zhang.Total Kevin/Marcus sudah memenangi lima pertemuan atas Liu/Zhang. (REUTERS/Russell Cheyne)
Persaingan tidak jauh berbeda terjadi di gim kedua, kedua pasangan silih berganti unggul dalam perolehan poin. Untuk kedua kalinya Kevin/Marcus unggul di interval, 11/9.

Kesalahan tidak saja dilakukan Kevin/Marcus yang kerap gagal mengantisipasi pukulan lawan, tetapi juga terjadi pada Liu/Zhang karena pengembalian bola yang tidak jarang menyangkut di net.

Sempat terjadi reli panjang di gim kedua dengan total pukulan mencapai 71. Itu menjadi reli terpanjang dalam pertandingan ini. Sayangnya, dalam reli itu Kevin/Marcus yang awalnya menyerang terlihat kelelahan, sehingga dimenangi Liu/Zhang usai pukulan pasangan China itu menyentuh bibir net dan jatuh di lapangan Kevin/Marcus.

Setelah interval Kevin/Marcus bisa menjaga keunggulannya hinga memenangi gim kedua dengan skor 21-18. Pertandingan pun harus dilanjutkan dengan laga penentuan di gim ketiga.

Di gim penentuan Kevin/Marcus seolah menekan gas dalam-dalam. Empat poin langsung didapat peraih medali emas Asian Games 2018 ini secara beruntun. The Minions menutup interval gim ketiga dengan keunggulan 11-7 meski sempat dibayangi-bayangi Liu/Zhang.

Setelah melewati pertandingan yang sulit Kevin/Marcus pun akhirnya bisa memenangi laga itu dengan skor 21-14. Dengan melaju ke final Kevin/Marcus pun berpeluang mempertahankan gelar juara Fuzhou China Terbuka. Di final nanti Kevin/Marcus akan menghadapi pemenang Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan He Jiting/Tan Qiang. (sry/jun)


BACA JUGA