Pelatih Timor Leste Bingung Jelang Hadapi Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Minggu, 11/11/2018 16:16 WIB
Pelatih Timor Leste Bingung Jelang Hadapi Timnas Indonesia Timnas Timor Leste dihuni pemain-pemain muda. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/17)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Timor Leste Norio Tsukitate mengaku sedang dibelit masalah pada lini pertahanan sehingga kebingungan jelang menghadapi Timnas Indonesia pada laga kedua Piala AFF 2018.

Timor Leste mengalami kekalahan telak dari Thailand pada laga pertama. Tujuh gol bersarang di gawang Aderito Fernandes selama 90 menit. Kekalahan 0-7 yang dialami kesebelasan berjuluk The Rising Sun itu menjadi kekalahan terbesar pada matchday pertama Piala AFF 2018.

Tsukitate menilai Jorge Sabas Victor dan rekan-rekannya memiliki beragam masalah, termasuk di lini pertahanan.


"Saya tahu kami memiliki beberapa masalah. Pemain kami ingin mencetak gol. Saya katakan mereka untuk bermain lebih menyerang, untuk bermain dengan garis pertahanan yang tinggi, dan bermain dengan tekanan tinggi di lapangan dan untuk lebih agresif," jelas Tsukitate.

"Tapi, tentu saja kami memiliki pertahanan di pertahanan dan saya butuh waktu untuk memikirkan hal ini," sambung pelatih asal Jepang itu dikutip dari situs resmi Piala AFF.

Beberapa pemain Timor Leste pernah berhadapan dengan penghuni Timnas Indonesia pada SEA Games 2017.Beberapa pemain Timor Leste pernah berhadapan dengan penghuni Timnas Indonesia pada SEA Games 2017. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/17)
Terpaan masalah yang dihadapi Tsukitate tidak membuatnya kehilangan kepercayaan diri pada pemain-pemain Timor Leste yang tergolong masih belia.

"Pemain kami menampilkan performa yang bagus. Thailand terlalu kuat tapi dengan latihan dan pengalaman, mungkin lain kali hasilnya akan berbeda," ujar mantan pelatih Guam, Laos, dan Bhutan itu mengenai skuat Timor Leste yang dihuni pemain berusia 17 hingga 26 tahun.

Mengenai laga menghadapi Timnas Indonesia yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11), Tsukitate mengaku membutuhkan waktu lebih panjang untuk memikirkan cara main menghadapi tim tuan rumah.

"Sesaat setelah pertandingan [melawan Thailand], saya tidak memiliki waktu untuk memikirkan laga berikutnya. Saya tidak langsung dapat berpikir mengenai taktik atau hal-hal lainnya," aku Tsukitate. (nva/nva)