Bauman Diragukan Tampil Bela Persib vs PSIS di Liga 1

CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 22:33 WIB
Bauman Diragukan Tampil Bela Persib vs PSIS di Liga 1 Jonathan Bauman diragukan tampil membela Persib Bandung melawan PSIS Semarang di Liga 1 2018 karena cedera bahu. (AFP PHOTO / TIMUR MATAHARI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Striker andalan Persib Bandung Jonathan Bauman masih diragukan tampil saat timnya bertandang ke markas PSIS Semarang, pada laga Liga 1 2018 di Stadion Mochamad Soebroto, Magelang, Minggu (18/11).

Cedera bahu yang menimpa pemain asal Argentina itu mengharuskan ia beristirahat demi memulihkan kondisi bahunya. Ia mengalami cedera saat Maung Bandung melawan Bhayangkara FC. Penyerang Argentina itu terjatuh bahunya lebih dahulu yang mendarat di lapangan usai berbenturan dengan Jajang Mulyana.

"Untuk Bauman memang hasil laboratoriumnya menunjukkan ada masalah di bagian bahunya. Sekarang mulai berlatih tapi bukan di bagian cederanya," kata dokter tim Raffi Ghani, Senin (12/11.


Raffi juga berharap dalam beberapa pekan ke depan, Bauman bisa melewati rasa nyerinya sehingga bisa langsung dipasang proteksi bahu dan kembali berlaga untuk memperkuat Maung Bandung.
Bauman Diragukan Tampil di Laga Persib vs PSISJonathan Bauman diragukan tampil membela Persib saat melawan PSIS karena cedera bahu. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
"Semoga fase akut selama dua minggu terlewati dengan baik. Artinya keluhan nyerinya sudah tidak ada, bengkaknya berkurang dan dia bisa main dengan proteksi bahu," imbuhnya.

Raffi menerangkan, Bauman bisa tetap berlatih namun tidak untuk sesi latihan yang dapat menambah beban bahunya.

"Tidak diistirahatkan, hanya ada kegiatan yang tidak melibatkan bagian cederanya," kata Raffi.

Raffi menambahkan, Bauman belum bisa melakoni latihan di lapangan karena dikhawatirkan terkena benturan atau hal yang tidak diinginkan, sehingga memperlambat proses pemulihan cederanya.

"Saya khawatir ada benturan lagi. Nanti dia jatuh menahan cedera dan memperberat cederanya. Selama dua pekan ini paling latihan yang kegiatan aman bagi cederanya," ujarnya.

Untuk menjaga kondisi bahunya, Bauman rencananya akan menggunakan proteksi di bahu sebelah kiri. Bahan untuk proteksi bahu ini sangat elastis sehingga ketika dia bermain atau jatuh tidak terlalu membebani cederanya.

"Sekarang juga sudah pakai supaya jangan terlalu aktrif bergerak dan penyembuhannya cepat. Jadi fase akutnya memang dua minggu dan kami harapkan bisa pulih sesuai target," tuturnya.

Raffi mengatakan, ia juga terus memantau perkembangan Dedi Kusnandar. Bahkan kondisi pemulihan cederanya terbilang baik dan bengkaknya sudah mulai hilang. Begitu juga rasa nyerinya yang sudah jauh berkurang.

"Kalau kondisi pemain lainnya selain Bauman dan Dado Alhamdulillah aman. Semua saya monitor tapi sekarang fokusnya ke Dedi dan Bauman untuk melihat perkembangan pemulihan cederanya," jelasnya. (hyg/bac)