Jelang Akhir Liga 1, Persija Lebih Baik dari Persib dan PSM

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 04:30 WIB
Jelang Akhir Liga 1, Persija Lebih Baik dari Persib dan PSM Rohit Chand menjadi salah satu pemain penting di Persija Jakarta. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Performa tim Persija Jakarta lebih baik dibandingkan Persib Bandung dan PSM Makassar bila dilihat dari lima pertandingan terakhir Liga 1 2018.

Ketiga tim tersebut bersaing ketat untuk berebut gelar juara Liga 1 musim ini. PSM menduduki peringkat teratas dengan perolehan 53 poin, sedangkan Persija dan Persib terpaut empat poin di urutan kedua dan ketiga.

Kendati begitu, PSM mesti berhati-hati agar posisinya tidak disalip Persija dan Persib. Pasalnya bila dibandingkan, catatan kemenangan Persija lebih baik dari PSM dalam lima laga terakhir. Tim Macan Kemayoran juga memiliki catatan kemenangan lebih baik ketimbang tim Pangeran Biru.


Ismed Sofyan dan kawan-kawan meraih tiga kemenangan, satu kali imbang, dan satu kali kalah dalam lima pertandingan terakhir. Tim berjulukan Macan Kemayoran ini mencatat empat kali menang dan satu kali kalah.

Sementara itu skuat Juku Eja mencatat tiga kali menang dan dua kali kalah. Persib menjadi kesebelasan dengan poin terendah dalam lima laga terakhir di antara tiga klub teratas karena kalah tiga kali, sekali imbang, dan sekali menang.

PSM Makassar unggul empat poin dari Persija dan Persib hingga pekan ke-20 Liga 1 2018.PSM Makassar unggul empat poin dari Persija dan Persib hingga pekan ke-20 Liga 1 2018. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/hp/18)
Masih tersisa empat pertandingan lagi bagi Persib dan PSM sebelum musim Liga 1 berakhir. Sedangkan Persija masih memiliki sisa lima laga karena ada laga melawan Persela Lamongan yang belum terlaksana.

Teco menyebut kans juara untuk timnya masih terbuka. Persija akan bertanding lawan PSM di Stadion Andi Mattalatta pada Jumat (16/11).

"Selain Persija beberapa tim juga punya kans yang sama. Untuk itu kami harus bekerja keras di setiap pertandingan untuk mewujudkannya," kata Teco seperti dikutip dari situs resmi Persija.

Sementara pelatih Persib Mario Gomez menyatakan akan memberikan latihan dengan intesitas lebih tinggi untuk seluruh pemainnya sebagai persiapan menghadapi serangkaian pertandingan yang tersisa musim ini. PSIS Semarang bakal menjadi lawan Persib berikutnya di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, pada Minggu (18/11).

Persib hanya meraih satu kemenangan dalam lima laga terakhir.Persib hanya meraih satu kemenangan dalam lima laga terakhir. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
"Kami punya jarak waktu yang panjang. Semua fisik harus ditingkatkan karena mereka juga sudah diberi libur selama dua hari," ucap pelatih berkebangsaan Argentina itu dilansir situs resmi Persib (13/11).

"Kemarin (12/11) mereka sudah kami persiapkan di latihan kebugaran. Hasilnya bagus, tidak ada kelelahan ataupun gangguan fisik dari pemain. Saya rasa persiapan yang cukup lama ini akan memberikan hal positif bagi kami," ucapnya menambahkan.

Daftar hasil pertandingan klub tiga besar dalam lima laga terakhir:

PSM Makassar
Persebaya vs PSM Makassar 3-0 (10/11)
PSM Makassar vs Persipura Jayapura 4-2 (4/11)
Madura United FC vs PSM Makassar 3-0 (29/10)
PSM Makassar vs Persib Bandung 1-0 (24/10)
Borneo FC vs PSM Makassar 1-2 (19/10)

Persija Jakarta
Persija Jakarta vs PS TIRA 0-0 (10/11)
Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta 3-0 (4/11)
Persija Jakarta vs PS Barito Putera 3-0 (30/10)
Persipura Jayapura vs Persija Jakarta 1-2 (25/10)
Madura United FC vs Persija Jakarta 0-1 (14/10)

Persib Bandung
Persib Bandung vs PSMS Medan 0-1 (9/11)
Bhayangkara FC vs Persib Bandung 1-2 (3/11)
Persib Bandung vs Bali United FC 1-1 (30/10)
PSM Makassar vs Persib Bandung 1-0 (24/10)
Persib Bandung vs Persebaya 1-4 (20/10) (map/bac)