Dipuji Andik, Winger Timnas Indonesia Merendah

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 06:00 WIB
Dipuji Andik, Winger Timnas Indonesia Merendah Riko Simanjuntak (kiri) pilih merendah dipuji Andik Vermansah usai Timnas Indonesia kalahkan Timor Leste 3-1 di Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Riko Simanjuntak memilih merendah setelah menerima pujian dari Andik Vermansah usai Timnas Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste pada lanjutan Grup B Piala AFF 2018, Selasa (13/3).

Sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Rufino Walter Gama, skuat Garuda bangkit menang 3-1 berkat gol Alfath Faathier, Stefano Lilipaly, dan Beto Goncalves.

Kendati turun di babak kedua menggantikan Febri Hariyadi, Riko tampil cemerlang dan sukses merusak pertahanan Timor Leste. Winger Persija Jakarta itu bahkan menyumbang satu assist terhadap gol Beto.


Pujian dari Andik tak membuat Riko jemawa. Ia menilai kemenangan yang diraih tim Merah Putih berkat kerja keras pemain, termasuk Andik yang terpilih sebagai Pemain Terbaik di laga ini.

Andik Vermansah sempat memuji penampilan Riko Simanjuntak yang dinilainya ciamik. (Andik Vermansah sempat memuji penampilan Riko Simanjuntak yang dinilainya ciamik. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Semua berkat kerja keras pemain tanpa terkecuali. Pemain punya kontribusi bagus semua tanpa terkecuali termasuk Andik," kata Riko Simanjuntak yang ditemui media usai pertandingan.

Riko juga sempat berkomunikasi dengan Lilipaly sebelum turun ke lapangan. Ia ikut memotivasi Lilipaly untuk membalikkan keadaan.

"Yang penting tadi saya bicara sama Lilipaly, sepak bola apapun yang terjadi kita harus bisa balikkan keadaan," ujarnya.

Mantan pemain Semen Padang itu juga mengungkapkan pesan pelatih Bima Sakti sebelum turun ke lapangan. Suntikan moral dari mantan pemain timnas era Primaver itu jadi pegangannya di sepanjang laga.

"Bima Sakti bilang ke saya, jangan lihat skornya apapun yang terjadi kita harus balikkan keadaan. Lawan Thailand nanti yang penting lebih kerja keras lagi," ujarnya.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia naik ke peringkat kedua di bawah Thailand yang berada di puncak klasemen. Selanjutnya Timnas Indonesia akan melawat ke markas Thailand, Sabtu (17/11). (jun/bac)