Beto dan Beban Striker Naturalisasi di Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 07:17 WIB
Beto dan Beban Striker Naturalisasi di Timnas Indonesia Beto Goncalves pikul beban berat label striker naturalisasi Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beto Goncalves menyadari beban berat yang harus dipikul sebagai striker naturalisasi Timnas Indonesia, yakni mesti menjadi mesin gol di Piala AFF 2018.

Sepanjang sejarah, Beto menjadi pemain naturalisasi keempat yang pernah mencetak gol buat Timnas Indonesia. Sebelumnya ada Stefano Lilipaly, Raphael Maitimo, dan Cristian Gonzales.

Pemain kelahiran Brasil itu tahu persis tanggung jawabnya sebagai penyerang. Apalagi statusnya sebagai pemain naturalisasi. Namun, ia juga berharap dukungan dari lini kedua lebih kreatif lagi.


"Sebagai pemain naturalisasi pasti ada tekanan lebih dari suporter. Saya tahu, saya pemain naturalisasi jadi harus cetak gol. Tapi untuk cetak gol saya juga perlu bantuan dari teman-teman yang lain," kata Beto kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/11).

Dari 11 kali penampilannya bersama Timnas Indonesia, Beto sudah mengoleksi tujuh gol. Khusus di Piala AFF 2018, Beto baru sekali mencetak gol dari dua pertandingan, yaitu ketika Timnas Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste di SUGBK, Senayan, Selasa (13/11).

Beto Goncalves baru mencetak satu gol di Piala AFF 2018.Beto Goncalves baru mencetak satu gol di Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pemain Sriwijaya FC itu juga menilai, mayoritas skuat Indonesia di Piala AFF 2018 merupakan jebolan Asian Games kemarin. Namun, para pemain muda diharap saling memahami pemain senior yang baru bergabung belakangan.

"Tim kami di Piala AFF hampir sama dengan di Asian Games. Tapi lawan yang kita hadapi sekarang lebih ke pemain senior yang lebih berpengalaman, lebih tahu posisi jadi sedikit lebih sulit [cetak gol]. Mereka juga lebih agresif dan lebih dewasa di sepak bola. Mereka lebih pintar dan bisa baca situasi dan permainan kita," jelasnya.

Beto merupakan pemain paling senior di skuat Timnas Indonesia, juga di Piala AFF 2018. Saat tampil di Piala AFF, usia Beto masih 37 tahun 10 bulan 8 hari atau sedikit lebih tua dibanding Paul Mulders, pemain tertua di Timnas Filipina yang saat ini berusia 37 tahun 9 bulan 23 hari.

"Semua juga punya beban yang sama. Tapi saya juga sadar di sini saya yang paling senior jadi saya bawa pengalaman saya untuk pemain muda di lapangan," ujar Beto (TTF/bac)