Jamu Timnas Indonesia, Thailand Minim Pemain Final AFF 2016

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 10:42 WIB
Jamu Timnas Indonesia, Thailand Minim Pemain Final AFF 2016 Adisak Kraisorn tidak dipanggil ke timnas Thailand di ajang Piala AFF 2016. (Thananuwat Srirasant/Lagardere Sport via affsuzukicup.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perubahan susunan pemain yang cukup drastis di timnas Thailand pada Piala AFF 2018 menyisihkan banyak pemain Tim Gajah Perang yang terlibat dalam final Piala AFF dua tahun lalu menghadapi Timnas Indonesia.

Pada Piala AFF 2016, Thailand dan Timnas Indonesia bertemu tiga kali. Setelah fase grup, kedua langganan final Piala AFF itu kembali bertemu di partai puncak yang berformat kandang dan tandang.

Dari 23 pemain yang bermain pada dua tahun lalu, hanya tiga orang yang masih menjadi bagian Thailand dalam Piala AFF kali ini yakni Tanaboon Kesarat, Anan Pokklaw, dan Mongkol Tosakrai.


Beberapa nama tenar seperti Theeraton Bunmathan, Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, dan Kawin Thamsatchanan yang bermain di liga luar negeri tidak dibawa. Begitu pula dengan pemain-pemain berpengalaman seperti Sarach Yooyen, Charyl Chappuis, Adisorn Promrak, dan Peerapat Notchaiya.

Kesarat dan Pokklaw tercatat tampil sebagai pemain inti dalam pertandingan fase grup. Kedua gelandang itu juga tampil pada laga final, namun Pokklaw hanya bermain di final pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari dan Kesarat hanya berlaga di final kedua yang bertempat di Stadion Rajamangala.

Timnas Thailand ketika bertandang ke Indonesia pada final Piala AFF 2018.Timnas Thailand ketika bertandang ke Indonesia pada final Piala AFF 2018. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)
Sementara Tosakrai tidak mendapat menit bermain dari pelatih Kiattisuk Senamuang dalam tiga laga menghadapi Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

Dalam laga perdana menghadapi Timor Leste, Tosakrai menjadi salah satu pemain yang mengisi lini tengah Thailand bersama Kesarat, sedangkan Pokklaw hanya berada di bangku cadangan.

Kesarat dan Pokklaw kemungkinan akan bertemu lagi dengan gelandang-gelandang Tim Merah Putih yang dua tahun lalu tampil dalam ajang regional Asia Tenggara seperti Stefano Lilipaly, Andik Vermansah, Bayu Pradana, dan pemain yang tahun ini dipasang sebagai full back, Rizky Rizaldi Pora.

Selain empat pemain itu, Bima Sakti juga membawa empat pemain lain yang memiliki pengalaman mengantar Timnas Indonesia ke final Piala AFF, yakni Hansamu Yama Pranata, Evan Dimas Darmono, Fachruddin Wahyudi Aryanto, dan Andritany Ardhyasa. (nva/ptr)